Berita

Sewa Tetap Selamat Saat Berhenti di Bahu Jalan Toll

05 June 2016

Tetap Selamat Saat Berhenti di Bahu Jalan Toll

Sejatinya, bahu jalan atau tepi jalan dipergunakan untuk kendaraan yang mengalami kerusakan berhenti atau jalur lintas kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran, atau polisi (Sesuai PP No.8 tahun 1990). Sayangnya, sebagian dari kita masih mengindahkan fungsi aslinya.

Itu terjadi terutama saat kondisi lalu lintas sedang tinggi. Masih banyak pengemudi mobil memanfaatkan bahu jalan untuk menyalip kendaraan lain. Padahal, kebiasaan buruk ini tentu menghadirkan potensi bahaya tidak saja bagi penyalip, tapi juga pengguna yang sedang memberhentikan kendaraannya karena keadaan tertentu di bahu jalan.

Nah, untuk menghindari hal tidak diinginkan saat berhenti di bahu jalan, maka perlu memerhatikan beberapa hal berikut;

1. Ketika Anda ingin memasuki bahu jalan karena kondisi tertentu, maka langsung ambil pengecekan sekeliling apakah aman untuk  mengurangi kecepatan atau tidak, jika aman berikan indikasi kepada pemakai jalan lain, bahwa Anda akan melakukan manuver menuju bahu jalan,

2. Saat Anda berhenti di bahu jalan, sebaiknya pastikan posisi mobil berada di tengah-tengah antara aspal jalan dan bagian luar jalan (tanah atau rumput). Yakni, setengah bagian mobil ada di bagian rumput dan setengahnya di bagian bahu jalan,

3. Apabila bersama keluarga, sebaiknya perhatikan ketika penumpang ingin keluar dari mobil, terutama saat jalur padat. Pergunakan pintu yang berada di sisi luar jalan (bagian rumput atau tanah), kemudian pastikan seluruh penumpang sedikit menjauh atau mencari tempat berteduh guna menghindari risiko kecelakaan.

4. Menghindari pengemudi nakal yang melintas di bahu jalan, pasang tanda segitiga berjarak sekitar 30 meter dibelakang mobil, agar pengemudi lain mengetahui Anda sedang berhenti, dan bisa mengurangi kecepatan.

5. Jika sudah selesai melakukan perbaikan pada kendaraan, maka saat ingin masuk kembali ke jalur utama, mulailah bergerak mengikuti bahu jalan dengan kecepatan antara 30-50 kpj dan perhatikan sekeliling (atau jalur sebelah kanan), apabila kondisi sudah memungkinkan maka Anda bisa segera masuk dan meninggalkan bahu jalan ke jalur utama.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved