Berita

Sewa Inikah Sportscar Masa Depan Toyota?

06 October 2017

Inikah Sportscar Masa Depan Toyota?

Tokyo Motor Show dijadikan ajang unjuk gigi pabrikan besar Jepang. Tidak terkecuali dengan apa yang dilakukan Toyota. Pabrikan berlogo bunga teratai itu menampilkan mobil sport masa depan. Pameran Tokyo Motor Show berlangsung mulai 27 Oktober mendatang.

Dari beberapa mobil baru dan konsep yang ditampilkan, GR HV SPORTS Concept sepertinya bakal menjadi salah satu daya tarik di booth Toyota. Dalam keterangan persnya, Toyota menyatakan GR HV SPORTS concept menjadi produk baru yang menggabungkan performa tinggi mobil sport dengan teknologi ramah lingkungan. Mobil ini, menurutnya, jadi produk Toyota pertama yang dibuat dengan konsep demikian.

Dimensinya tergolong kompak dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.280 mm. Jika memperhatikan desainnya lebih seksama, terbersit desain Toyota 86 yang jadi basis konsep mobil ini. Tapi bagian muka dan buritan dirombak total. Selain itu, atapnya model Targa yang diadopsi dari mobil sport legendaris mereka, Supra atau Toyota Sports 800 lansiran 1965. Walhasil, dimensinya menjadi lebih panjang 155 mm dan lebar 30 mm dari 86 standar.

Lampu utama model deret vertikal sudah menggunakan LED. Bagian belakang mirip bentuk Toyota Supra. Di bawahnya tersemat diffuser besar. Di atasnya, terletak satu lubang knalpot dengan ukuran cukup lebar. Tak lupa, ada emblem Gazoo Racing. Warna hitam doff, membuat tampilan keseluruhan terlihat sangar. Sekilas malah seperti 86 yang dimodifikasi, bukan sebuah mobil konsep.

Kabinnya juga bernuansa 86, namun sengaja dilakukan ubahan untuk terjun di trek balap. Terlihat tombol untuk mengidupkan GR HV SPORTS concept, diletakkan Toyota pada bagian tuas transmisi. Sekilas, orang bakal mengira mobil ini menggunakan transmisi manual 6-speed biasa. Tapi ada pemandangan janggal di bagian center stack. Yaitu deretan tombol P R N D M yang menandakan gear transmisi otomatis. Dan sesungguhnya, GR HV memang sebenarnya bertransmisi otomatis. Pengemudi dapat mengganti mode manual dengan perpindahan pola H atau otomatis dengan menekan sebuah tombol. Mekanisme secara perinci tidak dijelaskan. Tak diketahui juga tipe transmisi apa yang dipakai, apakah matik konvensional 6-speed atau eCVT seperti di Prius.

Yang pasti mobil ini bertenaga hibrida. Seperti kata mereka, mobil konsep ini memanfaakan sistem THS-R (TOYOTA Hybrid System-Racing) yang baru dikembangkan. Teknologi hibrida ini juga yang dipakai di balap Le Mans oleh Toyota TS050 HYBRID. Baterai diletakkan pada bagian tengah agar tercipta distribusi bobot yang ideal. Sistem hybrid yang dipakai lebih untuk menunjang performa tinggi.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved