Berita

Sewa Mau Mudik? Jangan Lupa Bawa 9 Barang Ini

17 June 2016

Mau Mudik? Jangan Lupa Bawa 9 Barang Ini

Musim mudik Lebaran dalam hitungan beberapa hari kedepan. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik untuk menyambut keluarga di rumah, maupun untuk mudik. Pada lebaran 2015 silam, tercatat bahwa terdapat 11,36 juta pemudik.

Tahun ini, kita harus siap dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik.

Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan untuk mudik juga harus semakin cermat. Berikut barang-barang yang sebaiknya dibawa untuk membuat perjalanan mudik semakin nyaman:

1. Non tunai

Saat ini, sedang pemerintah dan Bank Indonesia sedang gencar menggalakkan transaksi non-tunai atau cashless. Kita pun dapat turut serta mendukung kampanye ini dengan membawa kartu tol, maupun voucher sesuai kebutuhan. Baik voucher untuk mengisi bahan bakar, hingga voucher makanan cepat saji. Ketika menggunakan kartu atau voucher, kita tidak perlu repot mencari uang pas, dan pastinya akan mempercepat waktu transaksi.

2. Powerbank

Rasa-rasanya tidak lengkap bila kita bepergian tanpa membawa smartphone maupun kamera untuk mengabadikan perjalanan kita. Namun, semakin banyak momen yang kita abadikan, tentu semakin besar pula daya baterai yang harus disiapkan. Karena itu, powerbank menjadi salah satu barang elektronik yang wajib dibawa saat bepergian terutama bepergian jauh seperti mudik. Setidaknya, pastikan powerbank dengan daya minimal 10000 mAh, atau pilihlah powerbank dengan teknologi solar charger, yang dapat diisi dayanya hanya dengan menggunakan bantuan panas matahari. Selain itu, bila mengendarai mobil sendiri, charger mobil juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan daya baterai gadget.

3. Bantal leher

Salah satu penyebab utama nyeri leher adalah posisi tidur yang tidak tepat. Terlebih lagi ketika mudik, seseorang rata-rata dapat berada di mobil, bus, maupun kereta selama lebih dari empat jam. Untuk mengurangi ketidaknyamanan selama perjalanan, bawalah bantal leher. Terbuat dari bahan yang empuk, bantal leher akan tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat. Pilihlah bahan bantal leher yang nyaman, empuk, dan ringan untuk dibawa ke mana -mana.

4. Jaket atau sweater

Bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal. Kondisi cuaca selama perjalanan yang tidak menentu, mengharuskan Anda untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

5. Hiburan dalam genggaman

Tidak banyak yang dapat dilakukan di dalam kendaraan selama perjalanan mudik. Karena itu, membawa headset dan memutar musik kesukaan dapat menjadi alternatif. Selain itu, membawa konsol genggam seperti perangkat games kenamaan juga dapat membantu untuk menghabiskan waktu di mobil.

6. Kipas angin portable

Ketika terjebak dalam kemacetan di siang hari, tentu rasa panas menjadi sesuatu yang tak dapat dihindari. Karena itu, kipas angin portable dapat menjadi sahabat ketika suasana yang kurang menyenangkan tersebut datang menyerang.

7. Senter

Ketika harus melakukan perbaikan pada mobil kala hari sudah gelap, senter dapat menjadi barang yang penting untuk dibawa. Selain itu, jika memutuskan untuk naik kendaraan umum, senter dapat dimanfaatkan untuk menjadi penerangan ketika ingin mencari barang, maupun untuk makan bekal di dalam kendaraan.

8. Perlengkapan P3K

Kondisi badan yang fit sangat penting agar perjalanan mudik Anda semakin nyaman. Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan.

9. Perkakas Mobil

Bila mengendarai mobil sendiri, pastikan bahwa mobil yang dikendarai untuk mudik memiliki komponen yang lengkap. Mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-suratnya. Selain itu, pastikan bahwa terdapat kotak perkakas yang lengkap seperti dari kunci-kunci, dongkrak, maupun ban cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan. Pompa ban juga dapat menjadi pilihan cerdas untuk dibawa dan dimanfaatkan pada kondisi darurat.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved