Berita

Sewa Sebelum Anda Rental Bus, Kenali Dulu Jenis-jenis Bus Berikut

24 July 2020

Sebelum Anda Rental Bus, Kenali Dulu Jenis-jenis Bus Berikut

Ketika memutuskan untuk rental bus, terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Salah satunya adalah menentukan jenis bus yang akan Anda gunakan bersama rombongan.

Perusahaan rental bus biasanya menyediakan beragam jenis bus yang dapat Anda pilih. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menyewa bus, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja model dan jenis-jenis bus yang ada saat ini. Dengan demikian, Anda dapat menentukan bus yang akan digunakan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Jenis-jenis Bus yang Perlu Anda Ketahui

Rental bus menyediakan berbagai jenis ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan kapasitas yang Anda butuhkan. Berikut beberapa jenis bus berdasarkan ukuran.

1. Big Bus

Big bus merupakan bus berukuran paling besar. Bus ini cocok jika Anda berencana menyewanya untuk rombongan besar. Big bus sendiri tersedia dalam beberapa tipe, yaitu:

  • Bus non HD atau Normal Deck

Bus non HD memiliki tinggi 3000 sampai 3300 mm dengan kapasitas penumpang yaitu 50 orang (2-2) dan 60 penumpang (2-3). Bus ini sudah cukup langka di Indonesia. Bus jenis ini biasanya dapat ditemukan pada bus-bus keluaran sebelum tahun 2009. Ciri khas bus ini terdapat pada gundukan besar yang terletak di samping kursi supir.

  • Bus High Deck (HD)

Bus High Deck memiliki body yang lebih tinggi daripada Normal Deck, yaitu sekitar 3500 mm. Kapasitas penumpang pada bus ini adalah untuk 50 penumpang (2-2) dan 60 penumpang (2-3). Pada Bus High Deck, tempat duduk supir memiliki posisi yang lebih rendah dari bangku penumpang.

  • Bus Super High Deck (SHD)

Bus Super High Deck masih banyak digunakan di Indonesia. Tinggi body bus ini adalah 3700-3900 mm dengan panjang sekitar 12000 mm. Salah satu ciri khas bus Super High Deck dapat dilihat dari kaca depan yang menggunakan kaca ganda dengan sekat pembatas atau bar kaca depan. Jika Anda ingin rental bus dengan bagasi yang luas, maka bus Super High Deck dapat Anda andalkan karena bus ini memiliki bagasi yang luas bahkan sepeda motor dapat masuk di dalamnya.

  • Bus High Deck Double Glass

Bus High Deck dengan Double Glass merupakan bus pengembangan selanjutnya dari bus SHD sehingga memiliki memiliki bentuk atau tampilan yang hampir sama. Perbedaan bus ini dengan bus SHD terletak pada dimensi ketinggian body yaitu sekitar 3700 mm. Bus High Deck Double Glass memiliki konfigurasi seat 2-2 dan 2-3. Pada bus ini, peletakan wiper berada pada bagian atas atau roof. Untuk bus SHD memiliki 2 wiper sedang jumlah wiper untuk HDD hanya 1 buah. Sebagai bus dengan dek yang lebih tinggi dari dek standar, pijakan kaki dirancang sedemikian rupa agar tidak terkesan curam.

  • Bus Double Decker (DD) atau Bus Tingkat

Bus Double Decker memiliki ketinggian sekitar 4150 mm dengan 2 tingkat deck yang dihubungkan dengan tangga. Dengan bus DD, penumpang dapat melihat pemandangan dengan lebih leluasa. Bus DD memiliki kapasitas untuk 47 penumpang dengan kapasitas angkut mencapai 250 ton.

  • Bus Ultra High Decker

Bus Ultra High Decker merupakan bus keluaran terbaru. Bus ini memiliki tinggi sekitar 1.8 meter. Kapasitas yang disediakan cukup beragam yaitu untuk 40,43,44 sampai 47 seat dengan konfigurasi seat 2-2 atau 3-2. Untuk perjalanan wisata, bus ultra high decker memiliki kapasitas besar sehingga dapat Anda gunakan bersama banyak rombongan.

Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Sewa Bus

2. Medium Bus

Medium bus juga dikenal dengan istilah bus 3/4. Pada umumnya, bus medium memiliki ukuran yaitu 7500 (panjang) x 2200 (lebar) x 3000 (tinggi) mm. Jika Anda ingin rental bus untuk kapasitas sedang, maka Anda dapat menggunakan bus ini. Kapasitas penumpang yang disediakan adalah untuk 25, 27, 29, dan 31 seat dengan konfigurasi seat 2-2 yaitu dua di baris kanan dan dua di baris kiri.

3. Mini Bus

Mini bus atau micro bus pada umumnya memiliki ukuran 5500 (panjang) x 1700 (lebar) x 2600 (tinggi) mm. Terdapat dua jenis mini bus yang bisa Anda gunakan yaitu jenis Elf Long dan Elf Short. Idelanya kapasitas Elf Long dapat menampung sekitar 16-19 penumpang, sedangkan ELf Short adalah untuk 13-15 penumpang.

Secara garis besar, Elf Long dan Elf Short memiliki tampilan sederhana dan modern. Perbedaan dari dua jenis armada ini terletak pada bagian eksterior, interior serta ukuran dimensinya. Dimensi pada Elf Long adalah 5505 mm x 1695 mm x  2095 mm sehingga terlihat panjang dan ramping. Sedangkan Elf Short memiliki dimensi 4590 mm x 1695 mm x  2095 mm.

4. Mini Van Toyota Hiace

Perusahaan rental bus biasanya juga akan menyediakan jenis Mini Van seperti Toyota Hiace untuk Anda sewa. Sama dengan mini bus Elf Short, Toyota Hiace juga memiliki kapasitas yang dapat menampung maksimal 15 seat. Dimensi Mini Van ini memiliki panjang 5380 mm x lebar 1880 mm x tinggi 2285 mm.  Di Indonesia, banyak jasa rental Hiace premium Jakarta yang disewakan sebagai mobil travel.

Baca Juga: Sembodo Sediakan Jasa Sewa Hiace di Jakarta Mulai Rp 950rb

 

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait