Berita

Sewa Tips Rental Mobil di Jakarta Saat Masa Pandemi Covid-19

16 October 2020

Tips Rental Mobil di Jakarta Saat Masa Pandemi Covid-19

Sampai saat ini wabah virus Covid-19 masih terjadi di seluruh dunia dan belum diketahui kapan akan berakhir. Di Indonesia sendiri, kota Jakarta menjadi salah satu wilayah dengan kasus positif yang tinggi. Jadi, Anda perlu memperhatikan protokol kesehatan dengan baik jika berencana untuk menggunakan jasa rental mobil di Jakarta.
 
Beberapa bulan yang lalu, banyak Perusahaan Otobus yang terpaksa menghentikan layanan mereka karena wabah Covid-19 ini. Hal tersebut terjadi karena pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah agar jumlah penularan virus tidak semakin bertambah.
 
Memasuki masa new normal, sudah banyak Perusahaan Otobus yang kembali beroperasi dan beradaptasi dengan kondisi tersebut. Jika Anda saat ini memutuskan untuk rental mobil di Jakarta, terdapat beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk meminimalisir paparan virus Covid-19. Berikut informasinya untuk Anda.
 

1. Pilih perusahaan penyedia jasa rental yang profesional

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah jasa, ada baiknya jika Anda melakukan survey atau pun observasi ringan terlebih dahulu. Cari perusahaan rental profesional karena mereka akan mengutamakan keselamatan dan keamanan konsumennya. Anda harus memastikan bahwa penyedia jasa rental tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan baik ketika memberikan layanannya.
 
Kendaraan yang digunakan juga harus dalam kondisi yang bersih. Oleh karena itu, Anda harus menanyakan kepada pihak penyedia jasa apakah mobil rutin disterilisasi atau tidak. Anda juga dapat menanyakan mengenai fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa mereka, apakah Anda akan memperoleh hand sanitizer, tisu antiseptik, pembatas antara pengemudi dengan penumpang (driver shield), dan lain-lain.
 

2. Pastikan Anda dan driver dalam kondisi sehat

Anda harus memastikan bahwa driver dan diri Anda sendiri sedang dalam kondisi yang sehat. Untuk kebaikan bersama, Anda dan driver harus mengukur suhu tubuh terlebih dahulu sebelum berangkat.
 
Jika Anda menemukan bahwa driver memiliki suhu di atas batas normal dan terlihat tidak sehat, Anda dapat meminta perusahaan penyedia jasa untuk mengganti dengan driver yang lain. Selain itu, perlu juga Anda perhatikan, jika Anda sedang tidak dalam kondisi fit. Jika ada keluhan seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau sesak nafas maka sebaiknya Anda menunda perjalanan terlebih dahulu dan tetap tinggal di rumah. 
 
 

3. Selalu jaga kebersihan tangan Anda

Menjaga kebersihan tangan termasuk dari bagian protokol kesehatan yang harus Anda terapkan. Jadi, sebelum Anda masuk ke dalam mobil, Anda harus membersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air yang mengalir atau pun hand sanitizer.
 
COVID-19 bisa ditularkan melalui virus yang menempel pada permukaan benda, jadi sebaiknya Anda minimalkan kontak dengan berbagai benda yang ada di dalam mobil. Selain itu, hindari terlalu sering menyentuh bagian pada wajah Anda terutama pada bagian mata, hidung, dan mulut. Sebaiknya, Anda juga selalu membawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi untuk menjaga tangan selalu dalam kondisi yang bersih. 
 

4. Gunakan masker

Meskipun berada di dalam mobil, masker tetap perlu Anda gunakan untuk menutupi hidung, mulut, dan dagu. Hal ini perlu dilakukan karena masker dapat meminimalisir masuknya virus ataupun bakteri ke dalam mulut ataupun hidung Anda.
 
WHO menyarankan agar selalu mengganti dengan masker yang baru jika masker yang digunakan sudah dipakai dalam jangka waktu yang panjang atau sudah dalam kondisi yang kotor. Jadi, anda harus menyediakan cadangan masker ketika bepergian keluar rumah. 
 
Selain itu, meski sudah menggunakan masker sebaiknya Anda menjaga agar tidak terlalu banyak mengobrol karena ketika mulut terbuka akan ada droplet yang keluar sehingga dapat meningkatkan risiko transmisi virus.
 

5. Perhatikan jumlah penumpang

Ketika Anda rental mobil, Anda juga harus mempertimbangkan kapasitas mobil dengan jumlah penumpang. Hal ini perlu menjadi perhatian karena Anda perlu melakukan physical distancing. Anda harus menjaga jarak sekitar 1 meter dengan penumpang lain untuk. Jadi, Anda tidak boleh berhimpitan dengan penumpang lain di dalam mobil.
 
Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk menyewa mobil untuk menampung banyak penumpang, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan dengan kapasitas yang luas. Anda dapat sewa microbus Elf dengan kapasitas 19 penumpang, atau sewa Hiace dengan kapasitas 9-10 penumpang.
 
Setelah melakukan perjalanan dan sampai di rumah, segera mandi dan ganti pakaian Anda sebelum kontak dengan anggota keluarga yang lain. Jangan lupa bersihkan juga benda-benda yang banyak Anda sentuh ketika perjalanan, seperti handphone, kacamata, atau yang lain.
 
 
Saat ini, penyedia jasa rental mobil di Jakarta memang banyak. Namun di kondisi pandemi seperti saat ini, Anda memang harus lebih selektif. Gunakan jasa yang mengutamakan kenyamanan dan kesehatan pelanggannya. Salah satu perusahaan yang dapat Anda andalkan adalah Sembodo Rent Car.
 
Dalam memberikan pelayanannya, baik itu sewa bus pariwisata, atau rental mobil di Jakarta, Sembodo memberi perhatian ekstra pada kesehatan dan keselamatan penumpang. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jasa rental mobil di Jakarta, Anda dapat menghubungi Sembodo atau klik jasa rental mobil Sembodo.
 

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait