Berita

Sewa Tips Sewa Bus Jakarta dengan Aman Selama Pandemi Covid 19

19 August 2020

Tips Sewa Bus Jakarta dengan Aman Selama Pandemi Covid 19

Semenjak menyebarnya wabah virus Covid 19 di Indonesia, banyak tempat wisata yang berhenti beroperasi. Pemerintah juga sudah menghimbau masyarakat untuk tidak bepergian atau tetap di rumah saja.
 
Memasuki masa new normal, penyedia jasa sewa bus Jakarta sudah mulai beradaptasi dengan kondisi tersebut. Di tengah kondisi pandemi ini, perusahaan Otobus (PO) di Indonesia harus beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan. Salah satu PO tersebut adalah Sembodo Rent Car.
 
Dalam memberikan layanan atau jasa sewa bus Jakarta, Sembodo tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan penumpang. Sembodo selalu mengedepankan penerapan protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam memenuhi kebutuhan transportasi untuk penumpang.

 

Beberapa hal yang dilakukan Sembodo sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus adalah dengan rutin melakukan penyemprotan disinfektan untuk seluruh armada. Selain itu, Sembodo juga memberlakukan physical distancing, melakukan pengecekan suhu badan pada seluruh penumpang dan tim, serta menyediakan hand sanitizer.

Baca Juga: Sebelum Anda Rental Bus, Kenali Dulu Jenis-jenis Bus Berikut

Meskipun sudah banyak perusahaan Otobus yang memberlakukan protokol kesehatan, namun penumpang juga harus tetap memperhatikan kesehatannya masing-masing. Jika Anda berencana sewa bus Jakarta, beberapa tips berikut dapat Anda lakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19.
 

1. Pastikan Anda dalam kondisi sehat

Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh atau perjalanan antar kota, Anda harus memastikan bahwa badan Anda dalam kondisi fit dan sehat. Perjalanan jauh sering kali membuat badan menjadi kelelahan sehingga lebih rentan terkena penyakit.
 
Untuk memastikan bahwa kondisi Anda sehat, Anda dapat melakukan uji tes PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, ataupun virus. Jika di daerah Anda tidak disediakan fasilitas test PCR, Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan dokter di rumah sakit atau puskesmas untuk mengetahui apakah Anda bebas dari gejala seperti influenza (influenza-like illness).
 
Apabila diketahui bahwa Anda sedang dalam keadaan sakit atau tidak enak badan, maka sebaiknya Anda tetap dirumah dan tidak melakukan perjalanan.
 

2. Selalu menjaga kebersihan

Anda harus selalu menjaga kebersihan dimanapun Anda berada. Ketika Anda duduk di bangku penumpang, bersihkan terlebih dahulu spot yang kemungkinan besar disentuh oleh penumpang lain. Seperti sandaran kursi, kontrol lampu, jendela, atau spot lain yang biasanya mudah dijangkau oleh penumpang.
 

3. Rajin mencuci tangan

Untuk memastikan tangan Anda dalam kondisi yang bersih, maka Anda harus rutin mencuci tangan, baik itu menggunakan sabun dan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, jangan menyentuh area wajah terutama jika tangan Anda sedang dalam keadaan kotor. Persiapkan selalu hand sanitizer, tisu basah, serta tisu kering untuk menjaga kebersihan tangan Anda.
 

4. Gunakan masker wajah

Masker saat ini sudah menjadi benda wajib yang harus dibawa kemanapun Anda berada tidak terkecuali ketika sewa bus Jakarta. Sebaiknya, Anda menyediakan lebih dari 1 masker bersih untuk berjaga-jaga. Masker diperlukan untuk melindungi hidung dan mulut dari hembusan partikel virus di udara  sekitar sehingga Anda dapat terhindar dari virus.
 
Selain menggunakan masker, Anda juga dapt melindungi diri dengan penggunaan face shield bersamaan dengan masker. Perhatikan juga etika batuk bersin ketika berada di dalam bus dan jangan mengarahkannya pada penumpang yang lain.
 

 

5. Physical distancing

 
Ketika sewa bus, Anda harus tetap menerapkan physical distancing. Jangan berhimpitan dengan penumpang lain ketika berada di kabin bus dan selalu pastikan untuk tetap menjaga jarak. Disarankan agar sesama penumpang menjaga jarak minimal sekitar satu meter dengan orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya jangan melakukan perjalanan dengan penumpang yang padat agar Anda tetap bisa menerapkan physical distancing.
 
Ketika di dalam bus, sebaiknya Anda juga tidak menelpon atau mengobrol dengan penumpang yang lain. Hal ini diperlukan karena ketika mulut terbuka, maka akan ada droplet yang keluar sehingga meningkatkan risiko transmisi virus.
 

Baca Juga: Liburan dengan Paket Wisata Bali Terlengkap 7 Hari 6 Malam

6. Membawa peralatan pribadi

Meskipun jasa sewa bus Jakarta biasanya menyediakan fasilitas selimut dan bantal untuk penumpang, namun di masa pandemi seperti sekarang sebaiknya Anda membawa peralatan tersebut sendiri. Bahkan demi keamanan penumpang, beberapa PO sudah tidak meniadakan fasilitas tersebut. Jika dibutuhkan, penumpang dapat membawa sendiri barang-barang tersebut.
 
Selain bantal dan selimut, peralatan pribadi yang sebaiknya dipersiapkan sendiri adalah alat ibadah (sarung, mukena, sajadah ), alat makan, dan peralatan pribadi lainnya. Pastikan Anda juga tetap menjaga kebersihan barang-barang pribadi bawaan Anda dengan menyimpan di tempat yang bersih dan higienis.
 

7. Memperhatikan ventilasi yang ada di kabin bus

Penyedia jasa sewa bus, biasanya akan menyalakan AC selama perjalanan. Untuk menjaga kualitas udara yang baik, ada baiknya jika Anda membuka jendela bus untuk menukar udara yang ada di kabin dengan udara yang baru. Hal ini diperlukan untuk agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik sehingga dapat menurunkan risiko penularan Covid 19. Di Korea, langkah ini sudah banyak dilakukan. Bus yang menggunakan AC akan membuka jendela selama beberapa saat untuk melakukan pertukaran udara kabin dengan udara yang lebih segar.
 
Dengan menerapkan beberapa tips di atas diharapkan penumpang dapat terhindar dari penyebaran virus Covid 19. 
 
Jika saat ini Anda memiliki rencana untuk melakukan perjalanan luar kota, sebaiknya Anda menggunakan jasa sewa bus profesional yang mengedepankan keselamatan dan keamanan penumpang. 
 
Salah satu PO yang dapat Anda andalkan adalah milik Sembodo. Perusahaan jasa sewa bus ini sudah menerapkan protokol kesehatan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk memenuhi kebutuhan transportasi konsumen. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Sembodo selama pandemi, silakan kunjungi website kami di www.sembodorentcar.co.id. 
 

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait