Berita

Sewa 5 Tips Mengatasi Mabuk Darat Ketika Naik Bus

21 June 2022

5 Tips Mengatasi Mabuk Darat Ketika Naik Bus

Mabuk perjalanan adalah salah satu pengalaman paling tidak menyenangkan yang dapat Anda alami saat bepergian. 
 
Saat Anda duduk berjam-jam di dalam bus, mabuk perjalanan mungkin tak terhindarkan, terutama jika jalannya bergelombang, penuh dengan banyak tikungan dan belokan.
 
Untuk membuat perjalanan traveling Anda lebih menyenangkan, Anda perlu tahu tips mengatasi mabuk darat ketika naik bus. 
 
Mau tahu apa saja? Ikuti tips yang kami berikan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan di bus.
 

1. Jika Memungkinkan, Berangkatlah pada Malam Hari

 
Salah satu tips mengatasi mabuk darat ketika naik bus adalah dengan tidur. Namun, untuk tidur di bus saat siang hari relatif lebih sulit. 
 
Maka dari itu, pilih jadwal keberangkatan Anda di malam hari untuk mengurangi jumlah informasi visual yang masuk sehingga memudahkan Anda untuk tidur di bus.
 
Dengan cara ini, otak Anda bisa beristirahat sambil mengatur pernapasan. Dan di samping itu, Anda akan merasa lebih segar saat bangun.
 

2. Pilih Tempat Duduk di Bagian Agak Depan dan di Samping Jendela

 
Meskipun memilih bus sebagai pilihan kendaraan untuk melakukan perjalanan jauh dinilai lebih murah, memilih tempat duduk juga penting untuk mencegah mabuk darat.
 
Maka dari itu, jika bepergian naik bus, sebisa mungkin hindarilah duduk di bagian belakang, melainkan di bagian agak depan dekat dengan sopir. 
 
Itu karena area depan bus jauh lebih stabil sehingga Anda akan lebih sedikit mengalami goncangan. 
 
Apalagi jika Anda duduk di samping jendela, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak aliran udara yang segar sehingga meminimalisir rasa mual. 
 

3. Kurangi Membaca Saat Bepergian Naik Bus

 
Mabuk perjalanan yang Anda alami bisa menjadi jauh lebih buruk jika Anda memusatkan perhatian pada hal-hal di dalam bus terlalu lama, seperti membaca. 
 
Maka dari itu, membaca buku, chattingan, atau bermain game di ponsel terlalu lama bisa menyebabkan Anda merasa mual. 
 
Jika Anda tahu Anda rentan mabuk darat, maka sebaiknya Anda menahan diri dari membaca atau menggunakan perangkat elektronik Anda terlalu lama.
 
Bila memang perlu untuk membaca, maka lakukanlah paling lama 3 – 5 menit. Daripada membaca buku atau ponsel, Anda bisa melihat pemandangan selama perjalanan.
 

4. Perhatikan Minuman atau Makanan yang Anda Santap

 
Meskipun sangat penting untuk tetap terhidrasi dan tidak merasa lapar selama naik bus, pilihan makanan dan minuman juga penting untuk Anda perhatikan. 
 
Cobalah minum air putih, jus dengan gula rendah, atau kopi dalam dosis kecil. Untuk makanan, makanan ringan adalah pilihan terbaik.
 
Selain itu, hindarilah makanan berat, pedas, dan berlemak karena makanan tersebut sulit dicerna dan menyebabkan kasus mual yang parah jika Anda makan di bus yang berjalan. 
 
Jangan minum alkohol dan jaga agar kadar kafein tetap rendah, karena minuman tersebut bisa meningkatkan kecemasan, sulit tidur, dan dapat memicu mabuk perjalanan.
 

5. Gunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

 
Bagi sebagian besar orang, menghirup aromaterapi atau minyak angin bisa menjadi salah satu alternatif pengusir mabuk darat. 
 
Ini merupakan tips mengatasi mabuk darat ketika naik bus yang ampuh untuk meredakan rasa mual dan pusing, terutama jika Anda sudah mulai merasa mabuk selama perjalanan.
 
Nah, itu dia beberapa tips mengatasi mabuk darat ketika naik bus yang bisa Anda terapkan.
 
Semoga dengan menerapkan tips di atas akan membuat perjalanan bus Anda berikutnya menjadi pengalaman yang jauh lebih menyenangkan. 
 
Sekarang, Anda bisa memesan tiket bus secara online dengan SEMBODO Rent Car.
 
Kami menyediakan tiket dengan berbagai tujuan seperti Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan masih banyak lagi. Selain menyediakan tiket bus AKAP, 
 
Fasilitas yang kami berikan untuk paket wisata ini juga sudah sangat lengkap seperti bus pariwisata executive, welcome snack, dokumentasi, dan masih banyak lagi.
 
Jika Anda tertarik untuk berwisata bersama kami, silakan hubungi tim SEMBODO untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya mengenai layanan kami.
 

 

Jasa sewa atau rental mobil yang kami tawarkan antara lain rental mobil mewah, rental mobil pengantin, rental mobil murah, mini bus pariwisata dan semacamnya serta paket wisata.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved