Berita

Sewa IAA Commercial Vehicles 2018 : Inilah Fitur Keselamatan Terbaru Bus Mercedes-Benz Setra

21 September 2018

IAA Commercial Vehicles 2018 : Inilah Fitur Keselamatan Terbaru Bus Mercedes-Benz Setra

MercedesBenz and Setra adalah merek keselamatan di antara kendaraan bus. Hampir semua sistem bantuan keselamatan diluncurkan secara perdana di arena pameran IAA Commercial Vehicle yang tengah digelar di Hannover, 20-27 September 2018.

Sistem baru yang diluncurkan tersebut ditujukan untuk menghindari bahaya, dan untuk lebih menjamin menyelamatkan jiwa, yakni Active Brake Assist 4, Preventive Brake Assist, dan Sideguard Assist.

Berikut ini penjelasan lebih detil atas ketiga fitur inovasi pada armada bus MercedesBenz and Setra.

Pertama, Active Brake Assist 4.

Ini adalah sistem bantuan pengereman darurat terbaru dan pertama untuk keselamatan, dengan deteksi terhadap pejalan kaki. Active Brake Assist generasi pertamanya disajikan tepat 10 tahun yang lalu.

Active Brake Assist akan menjadi peralatan standar pada armada tur Mercedes Benz dan Setra mulai kuartal pertama 2019: MercedesBenz Tourismo RHD, Setra ComfortClass 500, dan TopClass 500 termasuk bus bertingkat Setra S 531 DT.

Mencegah kecelakaan dan melindungi pengguna jalan yang lebih rentan adalah aspek sentral dari pengembangan keselamatan di Daimler Bus. Bantuan Rem Aktif Baru 4 (ABA 4) dengan deteksi pejalan kaki menandai titik tinggi baru dalam pengembangan sistem bantuan.

Tidak hanya secara otomatis memulai pengereman darurat untuk bergerak dan hambatan stasioner di depan, itu juga memperingatkan pengemudi secara visual dan terdengar dari tabrakan potensial dengan pejalan kaki dan pada saat yang sama secara otomatis memulai pengereman parsial.

Ini memberi setiap pengemudi sebuah kesempatan untuk mencegah tabrakan dengan pejalan kaki. Pengemudi dapat memperingatkan pejalan kaki menggunakan klakson, memulai penghentian darurat atau mengarahkan untuk menghindari tabrakan.

ABA 4 adalah evolusi logis dari Rem Penggerak Aktif yang sudah ada dan teruji, yang sudah melakukan pengereman darurat untuk menggerakkan kendaraan ke depan serta untuk hambatan stasioner. Teknologi ABA 4 dengan deteksi pejalan kaki didasarkan pada teknologi radar generasi baru. Sistem radar multi-mode dengan jangkauan hingga 250 m. Radar multi-mode pemindaian secara elektronik terdiri dari sistem radar jarak jauh dan jarak pendek.

Kedua, Preventive Brake Assist.

Ini adalah sistem bantuan rem aktif pertama yang pernah ada untuk bus kota sebagai premier dunia. Sistem bantuan baru ini memperingatkan kemungkinan tabrakan dengan pejalan kaki yang bergerak, serta objek stasioner atau bergerak, dan secara otomatis memulai pengereman parsial jika ada risiko kritis tabrakan.

Kaskade peringatan dan intervensi pengereman dirancang untuk digunakan dalam lalu lintas kota.

Preventive Brake Assist bekerja sama dengan ABA 4. Jika akan terjadi tabrakan, Preventive Brake Assist memperingatkan pengemudi secara audibel serta secara visual dengan segitiga merah yang menampilkan simbol kendaraan menyala di layar pusat, dan memulai pengereman parsial pada waktu yang sama. Pengemudi dapat melakukan intervensi kapan saja.

Preventive Brake Assist sengaja tidak melakukan stop darurat otomatis. Ini mengurangi risiko cedera pada penumpang di bus. Namun, opsi berhenti darurat yang dimulai secara individual selalu tersedia untuk pengemudi.

Preventive Brake Assist menggunakan sistem radar yang serupa dengan ABA 4. Ia mendeteksi rintangan seperti memindahkan pejalan kaki di hampir semua situasi lalu lintas. Misalnya, ketika mereka melintasi jalur bus, melangkah keluar dari belakang rintangan atau bergerak di sepanjang jalur. Pejalan kaki juga terdeteksi dalam jangkauan sistem radar ketika kendaraan mati ke kiri dan ke kanan.

Preventive Brake Assist tersedia secara opsional untuk seluruh keluarga model MercedesBenz Citaro, termasuk bus gandeng Citaro G, low-entry Citaro LE, bus antarkota Citaro G/GÜ dan bus besar CapaCity. Preventive Brake Assist juga tersedia secara opsional untuk berbagai bus kota MercedesBenz Conecto.

Ketiga, Sideguard Assist.

Ini adalah sistem bantuan pertama untuk memperingatkan pejalan kaki, pengendara sepeda, dan hambatan stasioner ketika belok kanan.

Berbelok ke kanan dalam lalu lintas kota adalah salah satu tugas yang paling tidak menyenangkan bagi pengemudi, karena mereka diharuskan untuk memperhatikan lampu lalu lintas dan tanda-tanda di depan sambil mengamati lalu lintas yang mendekat dan menyeberang serta mengawasi pejalan kaki dan pengendara sepeda di samping.

Selain itu, situasi lalu lintas dapat berubah dalam hitungan detik. Dengan pemikiran ini, MercedesBenz dan Setra menjadi merek bus dan armada pengumpan pertama yang menawarkan sistem bantuan Sideguard Assist dengan deteksi pejalan kaki.

MercedesBenz menawarkannya untuk bus kota Citaro di semua versi termasuk bus besar CapaCity dan bus tur dek pariwisata Tourismo, Setra untuk para pelatih tur dari ComfortClass 500 dan TopClass 500 serta untuk Setra S 531 DT ganda bus.

Tujuannya adalah untuk informasi berkelanjutan, peringatan saat dibutuhkan.

Sideguard Assist beroperasi dalam beberapa tahap. Pertama, memberi tahu pengemudi ketika objek yang relevan berada di zona peringatan. Kedua, pengemudi menerima peringatan jika dia memulai atau melanjutkan tindakan dan bahaya tabrakan muncul.

Pusatnya adalah sistem sensor radar dengan dua sensor radar jarak pendek di sisi pintu masuk. Sistem ini mencakup seluruh panjang bus, dilengkapi dengan dua garis ke depan dan belakang sekitar 2 meter masing-masing. Zona ini diperluas di atas kecepatan 36 km/jam.

Jika ada objek bergerak di zona yang dipantau, pengemudi diberi peringatan visual. Pada pelatih tur, LED dalam bentuk segitiga kuning menyala di tingkat mata pengemudi di cermin samping di sisi pengemudi kendaraan.

Di Citaro, sistem ini diintegrasikan ke pilar A0 di sisi pintu. Lampu menarik perhatian pengemudi secara intuitif terhadap situasi di samping kendaraan. Jika sensor mendeteksi risiko tabrakan, peringatan visual tambahan diberikan: LED berkedip merah terang beberapa kali. Setelah 2 detik, itu tetap menyala secara permanen dengan warna merah.

Selain itu, ada peringatan getaran di kursi pengemudi. Peringatan visual dan taktil juga terjadi jika sensor mendeteksi hambatan stasioner, seperti lampu lalu lintas atau bollard, di tikungan balik bus ketika berbelok.

Pengemudi tetap memegang tanggung jawab penuh dan tetap mengendalikan situasi. Sopir dapat mengambil tindakan apa pun yang tampaknya sesuai.

Semua sistem bantuan di semua kendaraan Mercedes-Benz bekerja dalam batas sistem setiap saat hingga kapasitas penuh mereka. Pengemudi memiliki tanggung jawab penuh sehubungan dengan kondisi jalan dan lalu lintas.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved