Berita

Sewa Mudik Pakai Mobil Pribadi Lebih Nyaman, Perhatikan Tujuh Hal ini

20 June 2016

Mudik Pakai Mobil Pribadi Lebih Nyaman, Perhatikan Tujuh Hal ini

Mudik Lebaran menjadi aktivitas rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Saat memililih menempuh jalan darat, menggunakan kendaraan pribadi roda empat merupakan salah satu pilihan. 

Sebab, selain mobil dapat menampung penumpang lebih banyak penumpang, moda transportasi ini lebih nyaman serta aman dibandingkan kendaraan roda dua alias motor.

Namun, mudik menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan persiapan matang, mulai dari kendaraan yang digunakan hingga beberapa komponen yang harus diperiksa agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Ekky pemilik bengkel Jayapura Duta Mas yang terletak di Fatmawati mengatakan, mudik dengan kendaraan roda empat memerlukan persiapan yang baik, agar kondisi kendaraan tetap dalam keadaan maksimal.

"Selain mobil, kita juga harus memperhatikan kondisi pengendara, terlebih saat mudik jalanan akan lebih padat dan membutuhkan waktu lebih lama," katanya kepada VIVA.co.id, Minggu, 19 Juni 2016.

Berikut tips persiapan saat Anda memutuskan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi:

1. Periksa dengan baik kondisi mobil. Tentu, jika mobil Anda keluaran terbaru mungkin masih sedikit masalah dan kerusakan. Tapi sebaliknya, jika mobil Anda sudah agak tua, periksa sebaik mungkin untuk mengurangi potensi mogok atau rusak di jalan.

2. Periksa kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban. Jika sekiranya sudah perlu ganti, ada baiknya Anda mengganti dahulu. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari keretakan ban karena jalanan yang panas. Jangan mengambil risiko menggunakan ban yang sudah tipis.

Ingat, isilah ban Anda dengan angin sesuai ukuran. Bila tekanannya terlalu kecil, tentu akan membuat kenyamanan berkurang, namun jika tekanan angin teralu tinggi, angin di dalam ban bisa mengembang.

3. Periksa kondisi pada kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, pedal gas, dan pedal kopling. Pastikan semuanya dapat berfungsi baik untuk mengurangi kecelakaan fatal.

4. Periksa sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level) dan periksa sistem pendingin udara (AC) apakah sudah bekerja optimal atau belum.

5. Periksalah radiator, gunakan cairan untuk mendingin radiator yang berkualitas baik. Dengan menggunakan cairan yang baik dan benar, dapat mengurangi panas pada radiator. Selain itu, air radiator yang baik, juga dapat mengurangi karat pada radiator sehingga mesin tetap stabil.

6. Jangan membawa barang terlalu banyak, termasuk penumpang, karena dapat menambah beban dan membuat mobil tidak seimbang.

7. Jaga kondisi badan Anda, dengan olah raga beberapa hari sebelum berangkat. Jika memang medan terlalu jauh, ada baiknya Anda mencari keluarga pengganti yang bisa menyetir, seperti istri.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved