Berita

Sewa Kelebihan Kekurangan Aki Kering Dan Aki Basah

04 October 2016

Kelebihan Kekurangan Aki Kering Dan Aki Basah

Dari beberapa kasus mengenai penggunaan aki kering biasanya lebih tahan lama dibandingkan dengan aki basah. Pemilihan aki pada mobil dan motor memang hal yang sangat penting karena menyangkut sistem kelistrikan, jadi harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Kejadian baru baru ini dialami oleh salah seorang teman yang baru menyadari bahwa aki kering yang ia gunakan dapat bertahan hingga 4 tahun. Mobil yang dipakai selama ini sejak pertama kali melakukan pergantian aki pada tahun 2012 dan baru ngadat pada akhir 2016. Dengan keuntungan umur yang lebih panjang dan tentunya bebas perawatan berkala, tidak seperti aki basah yang harus dicek beberapa kali agar tetap berkerja dengan baik. Lalu bagaimana lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan aki kering dan aki basah? Berikut penjelasannya.

“Pastinya semua mobil dan motor yang bawaan pabrik sudah menggunakan aki basah bisa diganti menggunakan aki kering, tetapi harus diperhatikan bahwa voltase dan ampere yang ada harus sama dengan aki basah dan aki kering tadi.” kata Freddyanto Basuki, Manajer Promosi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) seperti dilansir oleh otomotifnet.com.

“Sebenarnya pergantian aki basah ke aki kering masih di dalam batas aman jika hanya selisih sekitar 1 ampere. Yang tidak diperbolehkan adalah aki penggantinya memiliki ampere yang lebih kecil,” lanjut Basuki.

Kelebihan Aki Kering

    Bisa langsung dipakai tanpa harus disetrum
    Tidak mengisi air aki, karena menggunakan gel
    Tidak perlu repot isi ulang
    Tidak merusak kerangka mesin, karena pada saat pengisian ulang dari regulator pada saat mesin menyala dan tidak menguap
    Tegangan lebih stabil

Kekurangan Aki Kering

    Harga lebih mahal sedikit, misalnya aki basah harga Rp 100 ribu, maka harga aki kering Rp 150 ribu.
    Air aki biru tidak bisa ditambah karena tersegel

Kelebihan Aki Basah

    Bisa langsung dipakai tanpa harus disetrum
    Harga lebih murah dibandingkan aki kering
    Jika aki tekor rusak bisa diperbaiki dengan menguras air aki sampai bersih, kemudian cuci hingga endapannya habis dan keringkan dengan dijemur dalam posisi terbalik. Setelah kering isi kembali dengan air aki dan setrum aki sampai 60 menit baru pasang kembali ke mobil/motor.
    Lebih hemat karena bisa diisi ulang
    Air aki biru bisa ditambah

Kekurangan Aki Basah

    Harus mengisi air aki
    Isi ulang air aki apabila sudah habis
    Tegangan kurang stabil

Untuk usia pemakaian aki basah sebenarnya juga tahan lama sama seperti aki kering. Disini sering terjadi salah persepsi karena usia aki tergantung juga oleh pemakaian masing-masing individu.

Mobil-mobil kami di dukung oleh tenaga kerja yang profesional, sehingga kami yakin permasalahan transportasi yang dialami konsumen untuk mendapatkan keamanan, kenyamanan dan kepuasan dalam berkendara dapat terjawab oleh rental mobil Kami.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved