Berita

Sewa Hino Safety Driving Competition Masuki Kota ke-17 Yogyakarta

02 September 2018

Hino Safety Driving Competition Masuki Kota ke-17 Yogyakarta

Mengemudikan angkutan umum berdimensi besar seperti bus dan truk membutuhkan skill lebih agar perjalanan membawa penumpang menjadi nyaman, aman dan selamat sampai tujuan.

Keselamatan berlalu lintas di jalan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh para pengendara, terutama bagi para pengemudi bus dan truk. Hal inilah yang melandasi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Hino Safety Driving Competition di kota ke 17 yaitu Yogyakarta.

Berbeda dengan 16 kota sebelumnya, Hino Safety Driving Competition Yogyakarta digelar tidak hanya bagi pengemudi truk, even ini turut juga dikhususkan untuk mengedukasi para pengendara bus dan truk.

Hino Safety Driving Jogja turut diperluas kepada pengemudi bus karena di Pulau Jawa bus masih menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Untuk itu Hino memandang penting aspek keselamatan yang perlu dimiliki oleh pengemudi bus seperti aspek pengecekan rutin maupun saat persiapan sebelum dia benar-benar menjalakan tugasnya mengemudikan bus.

Karena pengecekan rutin untuk memastikan kondisi bus tetap prima bukan hanya tanggung jawab perusahaan dan staf bengkel saja tapi juga pengemudi bersangkutan.

Pengecekan dan persiapan armada perlu menjadi prosedur standar operasi yang harus dilakukan pengemudi bus. Tujuannya, demi menghindarkan kerusakan bus dari mogok di jalan serta mendeteksi potensi kerusakan parts lebih dini.

Selain itu gaya atau teknik mengemudi yang tidak tepat tidak hanya membuat bus jadi lebih cepat rusak dari usia pakai yang seharusnya, tapi juga membuat bus jadi lebih boros bahan bakar dan berisiko mengalami kecelakaan saat dikemudikan di jalan raya.

“Dengan adanya pelatihan Hino Safety Driving bagi para pengemudi bus dan truk ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara di jalan, dan dapat menurunkan angka kecelakaan oleh bus atau truk di jalan,” ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/8/2018).

Kompetisi dan edukasi ini dikemas dalam konsep yang menyenangkan dengan memberikan sejumlah materi dan teori terkait berkendara yang sesuai dengan peraturan lalu lintas. Selain itu, agar lebih memahami ilmu yang telah diberikan, para peserta juga mengikuti kegiatan praktek di lapangan.

Pada hari pertama bertempat di showroom Hino Yogyakarta. mengajak 100 pengemudi truk dan bus untuk ikut tes hari pertama. Di mana pengemudi di test tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu – rambu lalu lintas.

Setelah itu 10 pengemudi terbaik dari bus dan 10 pengemudi kategori truk dari hasil tes hari pertama akan melanjutkan kehari berikutnya untuk inspection test dan skill test berupa zig – zag forward dan backward serta reverse parking yang bertempat di Jogja Expo Center (JEC).

Khusus bagi peserta pengemudi bus terdapat test tambahan berupa eco driving test yakni teknik mengemudi bus yang ekonomis agar saat melaju, bus jadi lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Diharapkan setelah kompetisi ini setiap pengemudi bus dapat menguasai teknik mengemudi seperti properly driving. Ini adalah teknik mengemudi yang tepat dan benar sesuai petunjuk teknis dari pabrikan Hino.

Kedua, safety driving yaitu teknik mengemudi bus yang memperhatian ketentuan dan rambu di jalan raya untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Karena banyak kecelakaan disebabkan oleh faktor kelalaian pengendara yang abai terhadap kesiapan armada, hingga faktor keteledoran pengendara dalam menjalankan kendaraannya dan tidak mematuhi rambu lalu lintas.

“Teknik mengoperasikan bus yang baik dan benar akan membuat berkendara jadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang. Selain itu bagi pengusaha bus sendiri, usia pakai kendaraan jadi lebih panjang dan masa pakai suku cadang juga bisa dimaksimalkan,” terang Santiko.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait

©2024 Sembodo RENTCAR - Car Rental Solution. All Rights Reserved