Berita

Sewa Tips Keamanan Saat Sewa Bus Pariwisata Jakarta bagi Penumpang

23 July 2021

Tips Keamanan Saat Sewa Bus Pariwisata Jakarta bagi Penumpang

Ketika Anda memiliki rencana untuk berlibur, sewa bus pariwisata Jakarta dapat menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan transportasi seluruh penumpang. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatian agar perjalanan dapat berjalan dengan aman dan nyaman.
 
Bus memang dianggap sebagai salah satu transportasi darat yang efektif dan efisien untuk mengangkut rombongan besar. Dengan sewa bus pariwisata Jakarta, Anda beserta teman atau keluarga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata dengan mudah.
 
Apabila saat ini Anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan bus pariwisata, maka terdapat beberapa tips keamanan yang perlu diperhatikan oleh seluruh penumpang. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.
 

Tips Keamanan saat Sewa Bus Pariwisata Jakarta

1. Pelajari perusahaan penyedia jasa sewa bus

Demi keamanan seluruh penumpang, pastikan Anda menggunakan layanan sewa bus profesional dan terpercaya. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan mereka, Anda wajib mempelajari perusahaan sewa bus tersebut.
 
Untuk mengetahui bagaimana kredibilitas perusahaan otobus yang akan Anda gunakan, Anda dapat menghubungi tim mereka secara langsung. Selanjutnya, Anda dapat menanyakan beberapa hal seperti:
  • Bagaimana prosedur dan kebijakan keselamatan dari pihak perusahaan?
  • Berapa kapasitas penumpang untuk bus yang ingin Anda sewa?
  • Apakah driver sudah memiliki Surat Izin Mengemudi dan sertifikasi mengemudi?
  • Apakah bus mendapat perawatan mesin secara rutin?
  • dan lain-lain
Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan koneksi internet untuk mencari berbagai informasi mengenai kelayakan layanan yang disediakan. Jangan lupa, cari tahu testimoni atau ulasan dari para pelanggan lain apakah mereka puas dengan layanan yang mereka berikan.
 

2. Persiapkan diri Anda

Setelah menemukan penyedia jasa sewa bus pariwisata Jakarta yang tepat, maka tips keamanan selanjutnya adalah mempersiapkan diri Anda sendiri. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan seperti:
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. 
  • Persiapkan makanan ringan dan minuman.
  • Bawa kartu identitas Anda.
  • Bawa smartphone Anda dan pastikan daya baterai terisi penuh.
  • Persiapkan nomor atau kontak untuk layanan medis apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pastikan Anda mengetahui posisi pintu keluar darurat serta letak fasilitas keamanan di dalam bus seperti glass breaker hammer atau fire extinguisher.
  • Sediakan obat-obat P3K atau obat pribadi yang Anda butuhkan.
 
 

3. Periksa tempat duduk penumpang

Agar penumpang dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, maka saat Anda sewa bus pariwisata Jakarta, Anda juga harus memastikan bahwa fitur-fitur pada tempat duduk penumpang dapat berfungsi dengan baik. Sebelum berangkat, lihat kembali seat belt, arm rest, atau leg rest dan pastikan bahwa fasilitas tersebut dalam kondisi yang baik. Jika terdapat masalah, Anda dapat segera menginformasikannya pada pihak penyedia jasa sewa bus pariwisata Jakarta. 
 

4. Membuat peraturan keamanan saat perjalanan

Demi kenyamanan dan keselamatan seluruh penumpang, saat membuat rencana perjalanan wisata, ada baiknya Anda membuat peraturan yang harus diikuti oleh seluruh peserta. Dengan cara ini, Anda bisa mengelola ketertiban penumpang sehingga perjalanan wisata dapat berjalan sesuai rencana.
 
Sebagai contoh, Anda dapat membuat beberapa peraturan terkait keamanan penumpang sebagai berikut:
  • Seluruh penumpang wajib untuk menggunakan seat belt atau sabuk pengaman saat perjalanan.
  • Apabila penumpang menyandarkan kursi untuk berbaring, maka penumpang harus mengembalikan ke posisi tegak seperti semula saat meninggalkan tempat duduk.
  • Bersikap sopan kepada driver atau penumpang lain.
  • Penumpang tidak boleh mengganggu driver karena dapat mengalihkan fokus dan perhatian driver untuk mengemudi
  • Penumpang harus menunggu sampai bus benar-benar berhenti sebelum meninggalkan tempat duduk mereka. 
  • Meskipun bus pariwisata saat ini menyediakan smoking room, namun demi kenyamanan bersama maka Anda dapat membuat peraturan merokok untuk seluruh penumpang.
 
Itu dia beberapa tips untuk meningkatkan keamanan Anda dan seluruh penumpang saat berkendara menggunakan bus pariwisata. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, demi kelancaran dan keselamatan seluruh penumpang, sebaiknya Anda menggunakan layanan bus profesional dan berkualitas. Salah satu perusahaan penyedia jasa sewa bus pariwisata Jakarta yang dapat Anda andalkan adalah SEMBODO RENTCAR.
 
Selain memiliki layanan sewa mobil mewah, SEMBODO juga menyediakan layanan sewa bus untuk para pelanggannya. SEMBODO memang sangat memprioritaskan keselamatan penumpang. Oleh karena itu, kami memberikan berbagai fasilitas keamanan yang bisa Anda gunakan, seperti:
  • Re-cleaning Seats, seat belt, arm rest, dan leg rest yang berfungsi dengan baik.
  • Fasilitas keamanan dalam bus berupa glass breaker hammer (pemecah kaca) dan fire extinguisher (alat pemadam kebakaran)
  • Kendaraan dengan asuransi all risk dan komersial
  • Bantuan darurat selama 24 jam 
  • Bus mendapat perawatan rutin untuk menjaga performa mesin agar tetap selalu prima
  • Driver yang sopan dan profesional serta menguasai medan perjalanan dengan baik
Selain menyediakan layanan sewa bus, SEMBODO juga menyediakan paket wisata bagi Anda. Dengan layanan ini, Anda akan lebih terbantu dalam merencanakan perjalanan wisata.
 
Apabila Anda tertarik dengan layanan dari SEMBODO, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim SEMBODO selalu siap 24 jam non stop untuk membantu Anda. Silakan kunjungi halaman layanan sewa bus SEMBODO atau hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. 
 
 
 

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait