Berita

Sewa 3 Tips Aman Berkendara saat Hujan Agar Selamat Sampai Tujuan

24 May 2022

3 Tips Aman Berkendara saat Hujan Agar Selamat Sampai Tujuan

Mengendarai mobil saat cuaca hujan memang cukup berisiko. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kami berikan tips aman berkendara saat hujan. 
 
Meskipun secara fisik mobil lebih besar dan kokoh dibandingkan motor, bukan berarti tidak memiliki risiko ketika mengendarainya di tengah hujan. 
 
Nah, kira-kira apakah sama tips berkendara motor saat hujan dengan pada saat mengendarai mobil? Yuk, simak tips-tips di bawah! 
 

Tips Aman Berkendara saat Hujan Supaya Selamat Sampai Tujuan 

 
Ketika bepergian dengan mobil, tentu Anda akan selalu mengecek kondisi mesin maupun bagian-bagian lain mobil.
 
Selain untuk memastikan kondisinya prima, juga menjaga keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Nah, apalagi ketika musim hujan maka harus lebih ekstra persiapannya.
 
Berikut ini beberapa persiapan dan juga tips aman berkendara saat musim hujan untuk Anda. 
 

1. Cek Air dan Karet pada Wiper 

 
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan berkendara saat hujan ialah mengecek karet dan juga air pada wiper
 
Tujuannya adalah memastikan kemampuan visibilitas Anda selama berkendara tidak terganggu. Karet wiper akan membersihkan jejak hujan di bagian kaca depan. 
 
Sementara air wiper atau washer akan membantu Anda membersihkan kaca depan dari sisa air hujan yang mengering juga debu maupun kotoran lain. 
 
Oleh karenanya, kondisi karet maupun air wiper harus Anda periksa sebelum berkendara. 
 

2. Cek Kondisi Ban Mobil 

 
Ban mobil merupakan bagian mobil yang langsung bersinggungan dengan jalan. Di mana ketika hujan tentu menjadi licin dan lebih berbahaya. 
 
Maka kondisi ban harus benar-benar prima. Anda harus memeriksa tekanan ban supaya bisa stabil ketika melaju di jalanan basah. 
 
Jangan lupa juga cek ban bagian luar apakah tipis atau tidak. Hindari penggunaan ban yang sudah tipis atau nyaris tidak ada motif, karena akan rawan selip  atau tergelincir. 
 
Terlebih jika Anda melaju kencang di jalanan yang dalam kondisi basah penuh genangan air. Akan sangat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya. 
 

3. Jaga Jarak 

 
Selanjutnya, ketika sudah dalam kondisi berkendara di jalan, jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Jangan terlalu dekat dan gunakan kecepatan normal. 
 
Kondisi jalan yang basah, berisiko pengereman tidak berjalan efektif. Oleh karena itu, hindari terlalu dekat dengan kendaraan lain dan melaju dengan kecepatan tinggi. 
 
Melaju dengan kecepatan tinggi saat hujan berisiko terjadi aquaplaning, yaitu ketika ban kehilangan traksi dan tidak mampu mencengkeram jalanan karena genangan air. 
 
Upayakan untuk melakukan pengereman dengan bertahap sehalus mungkin ketika melintas di atas genangan. Dengan begitu stabilitas mobil terjaga dan terhindar dari selip. 
 
Itulah beberapa tips aman berkendara saat hujan yang bisa Anda aplikasikan untuk bisa selamat sampai tujuan. 
 
Di samping itu masih ada beberapa hal yang juga bisa Anda lakukan untuk tetap aman dan nyaman ketika berkendara di tengah hujan. 
 
Seperti menyalakan defogger untuk menghilangkan embun yang menghalangi pandangan, serta memastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. 
 
Dengan begitu Anda bisa lebih tenang, nyaman, dan aman berkendara saat hujan. 
 
Apabila terlanjur terjebak hujan sebelum melakukan persiapan, ada baiknya berteduh terlebih dahulu. Jangan memaksa menerobos hujan apalagi jika cukup lebat. 
 
Apabila tujuan Anda adalah berlibur bersama rombongan, maka sebaiknya menggunakan jasa rental bus pariwisata dari SEMBODO Rent Car.
 
Kami memastikan keamanan dan kenyamanan armadanya untuk bisa membawa penumpang selamat sampai tujuan, dalam kondisi cuaca hujan sekalipun. 
 
Selain itu, Anda bisa memilih berbagai jenis ukuran bus mulai dari elf/microbus untuk rombongan kecil sampai bus besar yang dapat menampung penumpang yang lebih banyak. 
 
Jika Anda tertarik bisa menghubungi tim kami untuk konsultasi. 
 

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait