Berita

Sewa 5 Hal Penyebab Harga Sewa Bus Pariwisata Berubah-Ubah

07 February 2019

5 Hal Penyebab Harga Sewa Bus Pariwisata Berubah-Ubah

Sebagai calon penyewa, Anda perlu mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi mengapa harga sewa bus pariwisata menjadi lebih mahal dan mengapa menjadi lebih murah? Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga sewa bus pariwisata.

1. Tanggal Keberangkatan

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi harga sewa bus pariwisata adalah tanggal keberangkatan. Jika Anda ingin mendapatkan harga bus yang murah, maka pilihlah tanggal yang tidak bertepatan dengan weekend atau hari libur nasional. Harga bus yang mahal terjadi dikarenakan tingkat permintaannya lebih tinggi daripada ketersediaan bus itu sendiri.

2. Jarak Tempuh/ Tujuan

Faktor lainnya yang turut mempengaruhi harga sewa bus pariwisata adalah jarak tempuh atau tujuan. Jika semakin jauh tujuan Anda, maka tentunya konsumsi bahan bakar akan semakin banyak. Hal inilah yang akhirnya membuat para PO Bus mengambil keuntungan.

Sebut saja jika Anda menyewa bus pariwisata dari Jakarta ke Cianjur selama 1 hari, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 4.000.000,-. Padahal seharusnya harga sewa bus pariwisata untuk keluar kota Jakarta yang seharusnya perhari adalah sebesar Rp 3.500.000,-.

Mengapa harganya lebih mahal Rp 500.000,-? Kemungkinan tambahan Rp 500.000,- itu merupakan uang untuk pembelian bahan bakar minyak.

Namun, akan berbeda harganya jika Anda menyewanya selama 2 hari, maka Anda akan mendapatkan harga sebesar Rp 3.500.000,-. Karena itu, jika Anda menyewa bus dari Jakarta ke Cianjur selama 2 hari, maka total harga yang akan Anda dapatkan adalah sebesar Rp 7.000.000,-.

3. Jenis Bus Pariwisata

Faktor lain yang mempengaruhi adalah jenis bus pariwisata yang akan Anda gunakan. Hal ini cukup wajar, jika Anda ingin mendapatkan fasilitas kelas mewah, maka tentu biaya yang Anda keluarkan cukup banyak, sebab fasilitasnya juga berbeda.

4. Usia Bus

Faktor lain yang turut mempengaruhi harga bus pariwisata adalah faktor usia. Jika usia bus tidak lebih dari 5 tahun, maka tentu harga sewanya cukup mahal jika dibandingkan dengan bus yang berusia lebih dari 5 tahun. Apalagi jika usia bus sudah lebih dari 10 tahun, tentu harga sewanya akan jauh lebih murah lagi.

Hal ini cukup wajar, sebab bus keluaran terbaru tentunya mempunyai fasilitas yang jauh lebih baik daripada bus keluaran lama, meskipun telah dimodifikasi namun tingkat kenyamanannya akan jauh berbeda daripada bus pariwisata keluaran terbaru.

Karena itu, sebelum Anda menyewa kendaraan. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada Agen transportasi Anda mengenai usia bus wisata yang akan Anda gunakan. Jika usianya lebih dari 5 tahun, maka berarti masih bagus, terbaru dan layak untuk digunakan.

5. Fasilitas Bus Pariwisata

Faktor yang mempengaruhi harga lainnya adalah fasilitas yang terdapat di dalam bus pariwisata tersebut. Meski sama-sama merupakan bus SHD Jetbus 2+, maka tentu fasilitasnya bakal berbeda, terutama untuk bagian interiornya.

Bukan hanya itu saja, terkadang mesin bus yang digunakan pun juga menjadi salah satu faktor penyebab mengapa harga sewa bus tersebut menjadi lebih mahal. Misalnya saja merek mesin MercedesBenz dengan Hino dan Mercy tentunya mempunyai harga yang berbeda. Hal ini tergantung dari komponen mesin serta tingkat perawatan mesinnya.

Meski begitu, semuanya tergantung dari kebijakan dari masing-masing PO Bus tersebut, mulai dari penawaran hingga negosiasi yang diberikan.

Itulah faktor-faktor penyebab mengapa harga sewa bus pariwisata terkadang murah dan terkadang mahal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber: Lidya Trans

Mobil-mobil kami di dukung oleh tenaga kerja yang profesional, sehingga kami yakin permasalahan transportasi yang dialami konsumen untuk mendapatkan keamanan, kenyamanan dan kepuasan dalam berkendara dapat terjawab oleh rental mobil Kami.

Berita Terkait