Berita

Sewa 5 Langkah Mudah Untuk Dapat Bus Pariwisata Dengan Fasilitas Terbaik

30 January 2019

5 Langkah Mudah Untuk Dapat Bus Pariwisata Dengan Fasilitas Terbaik

Salah satu akomodasi terpopuler dan paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat untuk berlibur bersama dengan keluarga, rekan ataupun sahabat adalah bus pariwisata. Kendaraan ini menjadi salah satu kendaraan terpopuler karena memudahkan Anda dalam melakukan manajemen perjalanan liburan secara berkelompok.

Apalagi dengan kemajuan teknologi otomotif saat ini, membuat fasilitas bus meningkat, terutama dari faktor efisiensi biaya serta kenyamanan selama dalam perjalanan. Hal inilah yang akhirnya menjadi salah satu alasana mengapa bisnis penyedia jasa bus pariwisata semakin meningkat.

Meski begitu, Anda tidak boleh langsung percaya begitu saja dengan layanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa bus pariwisata, baik melalui media cetak maupun media elektronik. Sebelum Anda menghubungi PO Bus terpercaya langganan Anda, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini sebelum Anda melakukan penyewaan.

Berikut ini adalah lima langkah dalam melakukan penyewaan bus, antara lain yaitu.

1. Pemesanan

Pemesanan atau reservasi merupakan proses awal yang perlu Anda lakukan sebelum menyewa bus. Anda cukup langsung datang ke agen atau PO Bus terdekat yang ada di wilayah Anda. Salah satunya adalah Sembodo Rent Car yang merupakan penyedia jasa transportasi yang berlokasi di Jakarta. Sembodo menyediakan berbagai macam transportasi yang Anda butuhkan, mulai dari bus pariwisata, microbus elf sampai minibus.

Untuk melakukan reservasi menggunakan jasa Sembodo Rent Car, Anda tidak perlu lagi menggunakan cara klasik, seperti menggunakan media telepon. Cukup hanya menggunakan akses internet, Anda dapat dengan mudah melalukan reservasi kendaraan yang Anda inginkan, mulai dari tanggal penggunaan bus, durasi pemakaian, jumlah kapasitas penumpang serta tujuan atau destinasi yang Anda pilih.

2. Kapasitas Bus

bus pariwisata

Sebelum Anda melakukan reservasi bus, sebaiknya pastikan bahwa Anda telah mempunyai data berapa jumlah peserta yang akan ikut dalam perjalanan. Hal ini sangatlah penting, sebab berkaitan dengan kapasitas bus serta jumlah kursi yang tersedia.

Pada umumnya terdapat beberapa tipe bus yang dapat Anda pilih yang telah disesuaikan dengan jumlah kapasitas serta kebutuhan para konsumen, antara lain yaitu bus dengan ukuran besar dan bus pariwisata dengan ukuran sedang.

Untuk bus pariwisata ukuran besar, kapasitas kursi yang disediakan mulai dari 24 kursi, 44 kursi sampai 59 kursi. Sedangkan untuk ukuran sedang, biasanya kapasitas kursi yang tersedia mulai dari 27 hingga 31 kursi.

3. Pembayaran

Salah satu hal terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan dalam melakukan penyewaan bus pariwisata adalah dengan melakukan pembayaran. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan pembayaran secara bertahap dengan cara memberikan down payment (DP) paling lambat adalah satu hari setelah Anda melakukan reservasi.

Antara satu agen atau PO bus lainnya tentunya mempunyai besaran down payment yang berbeda-beda, tergantung dari kebijakan dari masing-masing PO Bus. Namun, pada umumnya DP yang diberikan sebesar 30 persen dari harga keseluruhan sewa bus.

Bagian paling penting selanjutnya adalah melunasi pembayaran. Pelunasan pembayaran paling lambat dilakukan 7 hari sebelum Anda berangkat. Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Fasilitas Bus

interior bus pariwisata

Dengan berkembangnya teknologi otomotif, tentunya membuat fasilitas bus yang ditawarkan lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Apalagi dengan ketatnya persaingan jasa transportasi pariwisata di Indonesia, tentunya membuat para perusahaan jasa transportasi atau agen begitu memanjakan para konsumennya dengan berbagai aneka fasilitas, seperti AC, perangkat multimedia, TV, DVD mic untuk karaoke yang tentunya sudah menjadi fasilitas wajib yang perlu ada di setiap kabin bus.

Meski begitu, beberapa perusahaan jasa transportasi bus memberikan beberapa fasilitas ekstra untuk menarik para konsumennya, seperti kursi yang nyaman, leg room yang luas dan plugin charger untuk mengecas smartphone Anda.

5. Waktu Reservasi

Di waktu weekend atau hari libur besar, seperti lebaran dan natal, tentunya akan berpengaruh pada tingkat pemesanan bus secara drastis. Sebab, di hari-hari tersebut biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mempersiapkan liburan bersama dengan keluarga, sahabat atau malah rekan kerja.

Jika permintaan sewa bus meningkat tajam, maka tentu agen atau perusahaan bus akan mengenakan tarif yang jauh lebih mahal jika dibandingkan hari biasanya. Karena itu, untuk mengantisipasi habisnya armada bus, sebaiknya Anda melakukan pemesanan bus sejak jauh hari sebelum keberangkatan. Karena itulah, Sembodo Rent Car menyediakan sistem reservasi melalui online sehingga Anda dapat segera melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait