Berita

Sewa 5 Mobil yang Paling Jago Menaklukkan Angin

16 March 2016

5 Mobil yang Paling Jago Menaklukkan Angin

Di dunia otomotif, angin adalah salah satu hambatan yang harus dihadapi setiap mobil, mobil yang paling aerodinamis bisa menaklukkan angin agar bisa melaju dengan mulus.

Aspek aerodinamis memang menjadi satu hal yang penting untuk setiap kendaraan. Karena dengan bodi mobil yang mengalir mengikuti angin bakal ikut mendukung efisiensi bahan bakar atau menekan emisi gas buang, dan membuat mobil mampu berkendara dengan tenaga yang rendah.

Seperti dilansir carscoops, Selasa (15/3/2016), ada 5 mobil yang memiliki nilai co-efficient drag (Cd) atau memiliki sistem aerodinamis terbaik.

Dikatakan sistem aerodinamis pada sebuah kendaraan itu, mulai mencuat sejak Chrysler memperkenalkan sistem Chrysler Airflow. Pada saat memperkenalkan Tatra T77a, yang diperkirakan memiliki nilai 0,212 Cd.

Kini tercatat ada 5 mobil yang memiliki sistem aerodinamis terbaik. Penasaran, simak yang berikut ini.dengan baik.

1. Mercedes-Benz CLA 180 Blue Efficiency

Mobil pertama yang dinobatkan paling aerodinamis ialah Mercedes-Benz CLA 180 Blue Efficiency. Mobil kompak 4 pintu coupe ini dikatakan mampu mencapai 0,28 Cd. Bahkan saat diuji di Eropa Mercy yang satu ini mampu mencapai nilai 0,22 Cd. Hasil ini menjadikan CLA 180 menjadi mobil dengan sistem aerodinamis terbaik di dunia.

Mobil bisa mengiris angin dengan sempurna tidak lepas dari desain yang disuguhkan Mercy. Seperti pada desain flat underfloor, low ride-height dan small frontal area.


2. Mercedes-Benz W213 E-Class

Bobot lebih ringan 100 kg dibanding pendahulunya, desain sylish dan elegant Mercedes-Benz W213 E-Class, menjadi kunci mengapa mobil ini dinobatkan menjadi mobil paling aerodinamis ke-2.

Berdasarkan pengujian Mercedes-Benz W213 E-Class ini mencapai 0,23 Cd. Tidak sampai disitu, berkat aerodinamika yang baik membuat mobil ini sangat efisien dengan mencapai konsumsi BBM 3,9 liter/100 km

3. Audi B9 A4

Audi juga tidak lepas menjadi pabrikan yang mampu melahirkan mobil terbaik. Audi B9 A4 berhasil mencapai angka koefisien drag 0,23 Cd. Hal ini tercapai berkat bagian bawah mobil dan desain yang pintar. Seperti mobil dengan ukuran atap terendah dari kelasnya.


4. Tesla Model S

Mobil listrik Tesla juga tidak luput untuk menjadi produsen mobil yang melahirkan mobil terbaik. Dikatakan Tesla Model S ini mampu mencapai nilai aerodinamika hingga 0,24 Cd. Mobil listrik seperti Tesla diuntungkan dari aspek desain karena tidak memiliki radiator yang bisa menghambat laju kendaraan.

Desain atap dan spion juga sengaja dibuat sedemikan sehingga membuat mobil membelah angin dengan baik.


5. Hyundai Sonata hybrid

Hyundai juga dinilai mampu melahirkan mobil dengan sistem aerodinamika terbaik. Seperti Sonata hybrid yang mampu mencapai 0,24 Cd.

Lagi-lagi desain futuristik Sonata hybrid yang menjadi alasan kuat mengada dirinya mampu menembus angin dengan baik.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait