Berita

Sewa 6 Hal yang Sering Terlupakan Saat Mudik Pakai Mobil

14 June 2017

6 Hal yang Sering Terlupakan Saat Mudik Pakai Mobil

Musim libur lebaran 2017 sebentar lagi tiba. Mudik adalah momen spesial bagi setiap orang untuk berkunjung ke kampung halaman. Jika Anda  merencanakan mudik mengunakan mobil pribadi, banyak persiapan yang harus dilakukan agar perjalanan mudik menjadi lancar dan sampai dengan selamat. Persiapan ini berupa pemeriksaan mesin mobil secara menyeluruh.

Namun sering kali ada hal yang terlupakan, sebelum berpergian jauh. Menurut Jasin, punggawa Provis Auto Sport, yang bermarkas di Jl. W R Supratman No.2, Rengas, Ciputat, sebelum mudik perlu diperhatikan hal ini pada kendaraan Anda:

1. Air Wiper
Isi penuh air wiper kendaraan Anda sebelum pergi. Jangan lupa cek semprotan air yang mengarah pada kaca mobil. Jika tersumbat, bisa gunakan jarum untuk membersihkan lubang semprotan air.

2. Tutup Radiator
Sering kali orang acuh tak acuh dengan benda ini. Pastikan tutup radiator menutup dengan rapat. Jika di ujung radiator berkerak, bisa jadi seal tutup radiator sudah lemah. Mesin bisa over heat jika terjadi kebocoran pada tutup yang sudah lemah.

3. Air Aki
Periksa air aki jika mobil Anda menggunakan tipe aki basah. Pastikan volume air sesuai dengan takaran. Jika aki terasa lemah, sebaiknya ganti dengan yang baru agar tak bermasalah saat mudik.

4. Oli Mesin
Meskipun Anda sudah melakukan servis di bengkel dan mengganti oli mesin, ada baiknya tetap cek volume oli sesuai dengan anjuran pabrikan. Jangan sampai jumlahnya berkurang dari standar.

5. Minyak Rem
Minyak rem juga sering lupa dari pantauan kita. Jika minyak rem warnanya telah berubah menjadi keruh, sebaiknya dikuras dan diganti dengan baru. Disarankan juga memilih minyak rem berwarna jernih, agar mudah memantau tingkat kekeruhan warna.  

6. Ban Cadangan
Sebelum bepergian jauh jangan lupa untuk mengecek tekanan angin ban cadangan. Kelihatannya sepele, tapi jika Anda mendapatkan masalah seperti bocor atau ban rusak, maka ban cadangan adalah hal yang amat penting.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait