Berita

Sewa BMW i8 Sukses Isi Ulang Baterai di SPLU Gambir, Jakarta

21 September 2017

BMW i8 Sukses Isi Ulang Baterai di SPLU Gambir, Jakarta

PLN Distribusi Jakarta Raya pada awal pekan ini berhasil melakukan pengujian Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pada mobil hibrida BMW i8. Pengujian ini digelar untuk membuktikan bahwa SPLU siap menjadi infrastruktur pendukung perkembangan kendaraan listrik.

Dalam test-charging itu, BMW i8 yang didukung dengan motor listrik bertenaga 131 horse power, datang dengan kondisi baterai belum terisi.  BMW i8 diketahui memiliki tingkat konsumsi energi berkisar 11,9 kWh/100 km atau setara dengan sekitar Rp 20.000,00 untuk penggunaan sejauh 100 km.

"Dari hasil test-charging ini, PLN Distribusi Jakarta Raya membuktikan bahwa SPLU dinyatakan telah siap sebagai infrastruktur pengisian energi listrik untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik," tulis PLN Distribusi Jakarta Raya dalam laman resminya.

Sampai pertengahan September 2017, jumlah SPLU di wilayah DKI Jakarta sudah mencapai 578 unit dan ditargetkan akan mencapai 1.000 unit yang tersebar di wilayah DKI Jakarta pada akhir 2017.

Selain melakukan test-charging, PLN juga memperkenalkan prototype lahan parkir khusus kendaraan listrik yang difasilitasi oleh SPLU. Ini diharapkan bisa mendorong instansi lain untuk menyediakan lahan parkir khusus kendaraan listrik.

Masyarakat, kata PLN, juga dapat meminta kepada PLN untuk memasangkan SPLU di lokasi yang diinginkan agar kebutuhan energi listriknya terpenuhi.

SPLU sendiri telah resmi diluncurkan sejak Agustus 2016. SPLU digunakan untuk mendukung perekonomian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

SPLU mengadopsi sistem prabayar. Untuk dapat menggunakan SPLU Beji Lintar tersebut, masyarakat perlu mengisi pulsa (stroom) kWh meter dengan membeli token listrik melalui Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, minimarket, dan lain-lain dengan menyebutkan ID. Lokasi SPLU juga dapat dengan mudah dicari melalui aplikasi Google Maps dengan kata kunci “SPLU PLN”.

Mobil-mobil kami di dukung oleh tenaga kerja yang profesional, sehingga kami yakin permasalahan transportasi yang dialami konsumen untuk mendapatkan keamanan, kenyamanan dan kepuasan dalam berkendara dapat terjawab oleh rental mobil Kami.

Berita Terkait