Berita

Sewa Bus Listrik untuk Jakarta, PT MAB Siap Penuhi Harapan Jokowi

04 May 2018

Bus Listrik untuk Jakarta, PT MAB Siap Penuhi Harapan Jokowi

Perusahaan otomotif dalam negeri, PT Mobil Anak Bangsa (PT MAB), menyatakan siap memenuhi harapan Presiden Joko Widodo agar DKI Jakarta memiliki transportasi massal yang menggunakan bus-bus listrik. PT MAB bahkan mengakui jika mereka saat ini sudah dalam tahap pembicaraan dengan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) terkait kerja sama penyediaan bus listrik.

"Kalau ditanya kesiapan, kita siap (menyediakan sekaligus memenuhi harapan Presiden Jokowi tersebut)," tegas Direktur Teknik PT MAB, Bambang Tri Soepandji, Rabu (2/5/2018) sore.

"Bahkan terus terang, kita saat ini juga sudah dalam pembicaraan dengan TransJakarta, terkait penyediaan bus listrik," tambahnya.

Secara prinsip, Bambang memastikan bahwa dengan telah adanya prototype ketiga bus produksi PT MAB, pihaknya saat ini sudah siap untuk produksi massal. Pihaknya kini tinggal menunggu keluarnya regulasi terkait hal itu saja, sebelum akhirnya benar-benar melakukan produksi massal.

Saat hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 pada awal Maret lalu dengan membawa prototype keduanya, PT MAB juga menyatakan telah menerima pesanan ratusan bus listrik. Hal itu antara dibuktikan dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan setidaknya tiga perusahaan otobus (PO) di ajang tersebut, yakni PT Steady Safe, PT Pahala Utama, dan PO Sabar Subur.

Seperti disampaikan pula sebelumnya, bus-bus listrik PT MAB rencananya akan diproduksi massal dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di atas 45 persen. Digerakkan oleh motor listrik yang dapat menyemburkan daya hingga 268 HP, sumber tenaga bus ini berasal dari baterai yang berjumlah 12.

Untuk diketahui, pada Rabu (2/5) pagi, Presiden Jokowi sempat menyampaikan harapan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mengganti bus angkutan kota yang ada saat ini dengan bus-bus listrik. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberi sambutan di acara pembukaan "The 42nd Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition" di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta.

"Mestinya dimulai dari Jakarta dulu. Wakil Gubernur (Sandiaga Uno) di sini hadir. Ganti busnya jadi bus listrik, supaya nggak kalah," ujar Jokowi dalam kesempatan itu.

Tidak sekadar meminta, Jokowi bahkan menyampaikan bahwa berdasarkan artikel yang dibacanya, dia mengetahui kalau perkembangan bus listrik dan mobil listrik di Cina sudah menjadi fenomena yang mulai meluas ke berbagai negara.

"Artikel ini mengatakan di kota-kota Cina, salah satunya Shenzhen, tahun 2017 dari 16.300 bus kota dan bus angkutan publiknya telah beralih ke bus listrik," kata Jokowi.

"Fenomena bus ini (juga) sudah mulai menjalar di seluruh kota-kota lain di seluruh dunia. London, Paris, Los Angeles, dan sebentar lagi nanti Jakarta. Tapi terserah Pak Gubernur dan Pak Wagub," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu pula di bagian berikutnya.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait