Berita

Sewa Di Indonesia, Dominasi Mobil MPV Sulit Dikalahkan Jenis Lain

23 March 2017

Di Indonesia, Dominasi Mobil MPV Sulit Dikalahkan Jenis Lain

Tidak bisa dipungkiri pasar mobil multi purpose vehicle (MPV) sangat subur di Indonesia. Hal ini sudah terjadi sejak lama, mengingat konsumen Indonesia sangat lekat dengan mobil keluarga atau berdaya tampung banyak penumpang.

Menurut Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, perkembangan mobil MPV tak lepas dari kendaraan niaga. Pada 1980-an mobil bak mendapat perhatian tinggi. Karena butuh kendaraan untuk angkutan penumpang, maka mobil bak dikonversi melalui karoseri menjadi mobil yang memiliki kabin dengan daya tampung di atas lima orang.

"Akhirnya berkembang seperti sekarang. Pasarnya memang menarik karena pajaknya rendah, sehingga ini banyak diminati orang. Konsep pokoknya kumpul bareng semua keluarga di dalam satu mobil. Seven seater menjadi pilihan, jadi kalau agen pemegang merek (APM) ingin laku jualan di Indonesia, hadirkan MPV karena sekali angkut bisa banyak orang,” jelas Kukuh saat diskusi pintar Forwot Indonesia, bertema 'Peluang dan Tantangan Model MPV di 2017', di Jakarta Kamis (23/3/2017).

Dijelaskannya, penjualan MPV di Indonesia selalu menunjukkan kenaikan setiap tahunnya, sehingga wajar bila MPV selalu mendomiasi ketimbang jenis kendaraan lain. "Setiap tahunnya, market share MPV sekira 40 persenan," terang Kukuh.

Beberapa tahun ke dapan, lanjut dia, MPV diprediksi masih akan mendominasi di pasar automotif Indonesia.

"Tapi pabrikan mobil di Indonesia harus sudah memikirkan berikutnya, mobil seperti apa yang di butuhkan oleh konsumen. Mengingat, nanti akan ada keluarga-keluarga muda yang akan membutuhkan kendaraan lebih simpel untuk ke kantor, bisa hatchback atau lainnya," pungkas dia.

Segmen MPV low diisi oleh pemain dari pabrikan Jepang, seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina. Pemain baru yang akan hadir tahun ini adalah Mitsubishi dan produsen China Wuling.

Jasa sewa atau rental mobil yang kami tawarkan antara lain rental mobil mewah, rental mobil pengantin, rental mobil murah, mini bus pariwisata dan semacamnya serta paket wisata.

Berita Terkait