Berita

Sewa Februari 2018, Pasar Mobil SUV Bertumbuh 13%

15 March 2018

Februari 2018, Pasar Mobil SUV Bertumbuh 13%

Pasar kendaraan sport utility vehicle pada bulan lalu mencatatkan pertumbuhan sebesar 13,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, berpotensi terus mencetak tren pertumbuhan hingga di penghujung tahun.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan ke diler atau wholesales SUV pada bulan lalu mencapai 5.636 unit. Sementara pada periode yang sama tahun lalu tercatat 4.979 unit.

Sementara secara bulanan atau month to month, penjualan pada Februari 2018 mengalami pertumbuhan 10,2% dibandingkan dengan Januari 2018.

Sementara secara total dalam dua bulan tahun ini, pertumbuhan wholesales kendaraan bermotor mobil SUV mencapai 11% dibandingkan dengan dua bulan pertama 2017.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengungkapkan, saat ini di dunia SUV sedang menjadi tren dan pasti berdampak terhadap pasar Indonesia.

Menurutnya, peran Agen Pemegang Merek (APM) dalam mendatangkan tipe-tipe SUV baru sangat penting guna mendorong pertumbuhan kendaraan sporty tersebut - terlebih masyarakat yang sudah menggunakan SUV sebelumnya.

Masyarakat akan tertarik membeli kendaraan tipe SUV ketika APM mampu mendatangkan model-model terbaru. Tanpa model baru, ujarnya masyarakat enggan untuk membelinya.

"Orang ganti mobil [SUV miliknya] kalau ada model baru," kata Jongkie kepada Bisnis pada Rabu (14/3/2018).

Sementara terkait dengan masyarakat yang beralih menggunakan SUV dari model lainnya seperti MPV, kemungkinannya ada.

Masyarakat yang beralih dari MPV ke SUV biasanya kemampuannya secara ekonomi mengalami peningkatan karena harga SUV berada di atas MPV.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait