Berita

Sewa Ini Akibatnya Isi Mesin Diesel Dengan Bensin

13 March 2016

Ini Akibatnya Isi Mesin Diesel Dengan Bensin

Mesin diesel berkarakter kompresi tinggi. Kompresinya hingga menyentuh perbandingan 30:1. Makanya, dalam pembakaran di ruang kompresi tak membutuhkan bahan bakar high explosive.

Kandungan di dalam bahan bakar diesel, salah satunya adalah oli yang berfungsi untuk membantu pelumasan di dalam injection pump.

Bila mesin diesel diisi oleh bensin akan menimbulkan bahaya. Artinya, memasukkan bahan bakar yang mudah meledak ke dalam mesin berkompresi tinggi. Otomatis, terjadi pembakaran dini atau biasa disebut knocking atau ngelitik.

Memasukkan bensin ke mesin diesel, ibarat memberikan doping. Diisi bensin, sepintas bikin tarikan makin enteng.

Tapi, karena tidak ada pelumas di dalamnya, menyebabkan panas berlebihan yang berdampak overheating. Bila terjadi, harus turun mesin dan menghabiskan budget antara Rp 15-20 jutaan.

Tapi, gejala ini akan muncul bila kesalahan ini berlangsung terus menerus. Bila tercampur hanya seperempat atau setengah tangki tidak akan turun mesin.

Bila pemilik mobil diesel yang tanpa sengaja diisi bensin. Sebaiknya, jalankan mobil dengan sangat perlahan. Pertahankan putaran mesin pada 1.000 rpm. Jangan lebih dari itu.

Hal ini untuk menghindari panas mesin yang berlebih. Kemudian carilah bengkel terdekat dan segera kuras bahan bakarnya

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait