Berita

Sewa Ini Jadwal Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2017 Jalur Darat oleh Kemenhub

18 May 2017

Ini Jadwal Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2017 Jalur Darat oleh Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin berpergian ke kampung halaman dari Jakarta. Terdapat empat macam moda yang disediakan guna mengangkut penumpang, yakni moda jalur darat, penyeberangan, laut dan kereta api.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan diadakannya program mudik gratis 2017 bertujuan untuk menekan jumlah kecelakaan akibat kendaraan roda dua saat mudik lebaran.

"Kecelakaan karena motor banyak sekali. Oleh karenanya kami menghimbau bagi saudara-saudara yang menggunakan motor, seyogianya dikurangi atau tidak menggunakan motor, apalagi jaraknya jauh, gunakanlah (program) mudik gratis ini," kata Budi di Gedung Kemenhub, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon penumpang sebelum bisa mengikuti program mudik gratis 2017. Bagi pengguna kedaraan roda dua, moda yang digunakan adalah bus dan truk. Kendaraan roda dua milik calon penumpang akan diangkut menggunakan truk sedangkan pemilik kendaraan akan menaiki bus.

Pendaftaran dibuka secara online dan offline mulai dari tanggal 18 Mei hingga 16 Juni 2017. Anda bisa langsung membuka laman resmi di alamat www.mudikgratis.dephub.go.id untuk pendaftaran via online, sedangkan secara offline, Anda bisa langsung mendatangi sejumlah tempat yang sudah ditentukan oleh pihak Kemenhub, seperti di GOR Bulungan (Blok), Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota dan Kantor Dishub Tangerang.

Total bus yang dipersiapkan berjumlah 976 bus yang bisa mengangkut sebanyak kurang lebih 43.920 penumpang, sedangkan jumlah truk disediakan sebanyak 54 buah yang bisa mengangkut sebanyak kurang lebih 2.457 kendaraan roda dua.

Sedangkan arus baliknya, disediakan sebanyak 244 bus yang bisa mengakut sebanyak 10.980 penumpang dengan jumlah truk sebanyak 23 buah yang bisa mengangkut sebanyak 1.053 kendaraan roda dua.

Keberangkatan yang dipersiapkan dari Jakarta akan melalui 29 kota di Pulau Jawa, yakni Cirebon, Ciamis, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Yogyakarta, Blora, Magelang, Klaten, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Solo, Wonosari, Wonogiri, Cilacap, Sragen, Kebumen, Wonosobo dan Temanggung. Waktu pengangkutan motor dilangsungkan pada tanggal 19 dan 20 Juni.

Sedangkan Truk yang mengakut kendaraan berangkat pada 21 Juni dan Bus akan berangkat pada 22 Juni. Titik-titik keberangkatan dari Jakarta akan diberitahukan lagi beberapa waktu mendatang. Kendaraan roda dua juga bisa diambil di titik-titik yang sudah ditentukan di masing-masing kota tujuan.

Untuk arus balik, disediakan dari kota Tasikmalaya, Cirebon, Kudus, Ciamis, Garut, Semarang, Solo, Yogyakarta menuju Jakarta. Pengangkutan motor akan dilakukan pada tanggal 29 dan 30 Juni. Sedangkan truk yang mengangkut kendaraan roda dua akan berangkat pada tanggal 30 Juni dan bus berangkat keesokan harinya pada 1 Juli 2017.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait