Berita

Sewa Jangan Aktifkan Parking Brake Saat Berhenti Di Lampu Merah

02 April 2018

Jangan Aktifkan Parking Brake Saat Berhenti Di Lampu Merah

Siapa yang suka menarik tuas rem tangan atau parking brake saat berhenti di lampu merah? Pasti masih banyak yang suka melakukan ini kan.

Ternyata hal ini tidak boleh dilakukan karena saat di lampu merah itu bukan sedang parkir tapi berhenti.

Hal ini dikatakan oleh Sony Susmana Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) saat memberikan pelatihan kepada jurnalis di acara Suzuki Safety Driving Course di Sentul, Bogor (28/3).

“Parking brake itu tidak boleh digunakan saat berhenti di lampu merah. Karena bukan parkir tapi berhenti,” ujar Sony.

Kenapa kok dilarang padahal kan mobilnya berhenti juga. Sony menjelaskan jika parking brake diaktifkan saat berhenti di lampu merah, peluang terjadi kecelakaan masih besar.

“Kalau parking brake diaktifin akan membuat pengemudi nyaman. Kalau sudah nyaman artinya bisa main handphone atau kalau perempuan bisa sambil dandan,” ungkap Sony.

Baca Juga: Ini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Pecah Kaca Mobil

Lebih lanjut Sony menyarankan lebih baik kalau mobil berhenti harus memberi tahu mobil di belakang jika kita sedang berhenti.

“Ya dengan terus menginjak pedal rem, biar lampunya nyala terus supaya mobil di belakang tahu kalau kita sedang berhenti. Kalau capek, ya siapa suruh nyetir.”

Sebaiknya juga tuas transmisi dipindah ke N atau netral saat berhenti sekitar 60 detik atau lebih. Menurut Sony hal ini untuk menjaga agar mobil tidak maju tiba-tiba.

“Jika transmisi manual supaya tidak terus menekan pedal kopling. Hal ini juga agar transmisi lebih awet,” ujarnya.

Salah Kaprah

Sony juga mengatakan jika sebenarnya masih banyak yang salah kaprah dengan istilah rem tangan dan parking brake.

“Harusnya itu yang benar disebut parking brake bukan rem tangan. Karena banyak juga mobil yang parking brake nya di bawah kaki,” jelasnya.

Perhatikan juga saat parkir apakah tuas parking brake masih berfungsi dengan baik atau tidak. Tandanya dengan bunyi yang timbul saat tuas ditarik.

“Parking brake ditarik sampai berbunyi. Kalau masih normal, bunyinya tidak akan terlalu banyak. Tapi kalau sudah terlalu banyak bunyinya berarti harus disetel ulang. Entah kabelnya atau rem belakang (brake shoe),” tutup Sony.

Nah lain kali kalau berhenti di lampu merah jangan tarik tuas rem tangan ya.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait