Berita

Sewa Jelang Lebaran 2016, Bisnis Mobil Bekas Ikut “Puasa”

09 June 2016

Jelang Lebaran 2016, Bisnis Mobil Bekas Ikut “Puasa”

Keinginan saat pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga meningkat menjelang tradisi mudik lebaran. Tidak saja mobil baru, mobil bekas pun menjadi incaran. Biasanya, pebisnis jual-beli mobil bekas mendulang untung saat memasuki Bulan Ramadhan, karena masyarakat sudah mulai mencari mobil incaran mereka untuk dibawa saat mudik.

Namun sayangnya, menjelang lebaran tahun ini dirasakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kondisi pasar yang masih lesu cukup memengaruhi minat beli masyarakat, khususnya mobil bekas. Hal ini diakui Didik, salah satu penjual mobil bekas showroom Abadi Jaya di bilangan Pamulang, Tangerang Selatan.

“Pasar mobil bekas memang mengalami penurunan yang cukup drastis mulai dari tahun lalu, dan tahun ini belum banyak mengalami perubahan,” tegasnya kepada Dapurpacu.com, di Pamulang (9/6).

Selain faktor ekonomi yang tak kunjung membaik, persaingan dengan produsen mobil baru juga cukup memengaruhi pilihan masyarakat untuk memutuskan membeli mobil bekas. Pasalnya, lanjut Didik, dealer mobil baru saat ini banyak menggelar program promo penjualan, mulai dari diskon uang muka, berbagai hadiah, hingga tenor cicilan yang lebih panjang.

“Sekarang jualan mobil gak bisa diprediksi, kadang sampai 2 bulan mobil sama sekali gak keluar. Ya paling kalau mau laku kita gak berani ngambil untung banyak,” lirihnya.

Keresahan senada juga dirasakan oleh Hari yang juga bermain di bisnis mobil bekas. “Kalau sekarang memang jauh merosot penjualan mobil bekas, kemerosotan dimulai dari tahun lalu. Waduh kalau sekarang jualan memang susah banget mas, kita harus pintar-pintar ambil barang, jangan ambil mobil yang susah dijual, nanti uangnya gak muter,” urai Hari.

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait