Berita

Sewa Kelistrikan Mobil Korslet Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

27 July 2016

Kelistrikan Mobil Korslet Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

80% penyebab utama kebakaran pada mobil adalah akibat masalah kelistrikan kendaraan seperti korslet listrik. Semua pengerjaan yang berhubungan dengan kabel, memang tidak dapat sembarangan apalagi bila ingin men-jumper kabel.

Sangat disarankan pemasangan aksesori (yang kebanyakan menggunakan listrik mobil di dalam pemasangan) harus berhati-hati dan rapi agar tidak menyebabkan kebakaran.

“Mungkin juga begini, mobil dipasang lampu tambahan atau ganti headlamp. Harus diperhatikan juga kualitas kabelnya, kualitas soket dan juga cara pemasangan yang benar. Bila kabel terkelupas dan menempel pada bodi mobil, ini yang menyebabkan korslet.

Selain itu, salah satu trik aman untuk memasang aksesori mobil adalah menggunakan kabel, terminal, sambungan dan sekring yang bagus.

Pilihlah kabel yang baik dan tidak murahan, kemudian di dalam setiap penyambungan usahakan menggunakan terminal sehingga arus yang mengalir dapat lancar. Penggunaan solder juga diperlukan sehingga arus tidak ada yang loncat dan terhambat, selain itu kabel juga selalu dalam keadaan dingin.

“Ada beberapa aksesori mobil yang menggunakan sekring di dalam pemasangannya sebagai pengaman. Kita harus benar-benar memperhatikan besar sekring yang digunakan. Apabila sekring yang digunakan kelebihan ampere-nya maka sifat pengaman menjadi hilang yang menyebabkan kabel lebih cepat panas dan meleleh”.

Gadget  charger mobil juga berpotensi menjadi penyebab kebakaran mobil. Charger dengan kualitas murah biasanya memiliki arus dan penampang yang lebih besar sehingga charger lebih cepat panas, yang akan tersalurkan kepada kabel di belakang rumah lighter.

Kalau sudah sangat panas, kabel bisa meleleh dan  membakar dasbor mobil. Sebaiknya setelah pemakaian, charger dilepas dari lighter karena  lighter akan terus bekerja meskipun charger tidak dipakai untuk mengisi daya gadget kita”.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait