Berita

Sewa Kenali Tipe dan Jenis Bus Pariwisata Terlebih Dahulu Sebelum Menyewanya

13 February 2019

Kenali Tipe dan Jenis Bus Pariwisata Terlebih Dahulu Sebelum Menyewanya

Berbicara mengenai konfigurasi kapasitas bus pariwisata, mungkin banyak sebagian orang yang belum mengetahui secara persis jika ternyata bus pariwisata itu mempunyai tipe dan jenis bus pariwisata yang berbeda-beda.

Jenis dan tipe yang berbeda-beda ini, tentunya akan berpengaruh pada harga sewa bus pariwisata tersebut. Jika biasanya bus pariwisata digunakan untuk mengantarkan Anda sekeluarga liburan. Namun, tahukah Anda jika bus pariwisata sebenarnya tidak melulu digunakan untuk kebutuhan wisata saja, melainkan dapat juga digunaka untuk berbagai keperluan, seperti antar dan jemput ke bandara, kebutuhan dinas atau kegiatan pernikahan dan lain-lain.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah mengenai jumlah kapasitas atau konfigurasi kapasitas pada bus pariwisata yang terbilang beragam sehingga perlu Anda sesuaikan dan perlu disiasati agar seluruh peserta mendapatkan tempat duduk.

Berikut ini adalah tipe dan jenis bus pariwisata yang perlu Anda ketahui, antara lain yaitu:

1. Big bus/ Bus besar

Jenis bus pariwisata big bus atau bus besar mempunyai kapasitas penumpang yang paling banyak jika dibandingkan dengan jenis bus lainnya, dimana kendaraan ini mampu mengangkut penumpang hingga 59 orang. Adapun konfigurasinya big bus terdiri dari 2 jenis, yaitu:

a. Konfigurasi bangku 2-2 (2 kiri dan 2 kanan).

Menggunakan konfigurasi ini, kapasitas daya tampung yang bisa diangkut biasanya adalah 40, 43, 44 hingga 47 penumpang. Jika menggunakan konfigurasi ini, maka posisi duduk penumpang tentunya akan terasa lebih nyaman, karena jumlah bangku yang terdapat pada bus sedikit sehingga membuat jarak antara bangku sedikit agak lebih jauh dan tidak terkesan berdesak-desakan. Jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh, maka konfigurasi bangku 2-2 ini sangat direkomendasikan.

b. Konfigurasi bangku 2-3 (2 kiri dan 3 kanan)

Jika Anda ingin menghemat anggaran, maka pilihan konfigurasi ini dapat Anda jadikan pilihan. Sebab, konfigurasi tempat duduk seperti ini mampu menampung banyak penumpang hingga 59 orang.

2. Bus Medium

Bus ini merupakan jenis bus pariwisata berukuran sedang, dimana kebutuhannya hanya sebagai support jika kapasitas bus besar tidak mencukupi kuota penumpangnya. Namun, jika Anda berniat untuk menjadikan bus jenis ini sebagai pilihan utama, maka sebaiknya jumlah penumpangnya tidak terlalu banyak. Sebab, kapasitas jenis bus ini hanya sebanyak 25, 27, 29 dan 31 seat.

3. Microbus Elf

Untuk jenis bus ini terbagi menjadi 2, yaitu jenis elf short dan long. Keduanya sudah didesain sedemikian rupa oleh beberapa pabrikan untuk mengangkut banyak penumpang. Selain itu, desain dan fasilitas yang disediakan oleh jenis bus ini tidak kalah seperti yang terdapat di bus pariwisata besar dan sedang.

Jumlah penumpang yang dapat diangkut oleh jenis bus ini antara lain yaitu,

  1. Elf short: 13-15 bangku.
  2. Elf Long: 16-19 bangku.

4. Minibus Toyota Hiace

Bus ini merupakan jenis bus yang tergolong baru. Toyota Hiace sendiri merupakan kendaraan transportasi keluaran tahun 2013-an dan paling banyak diminati sebagai kendaraan sewa harian. Kendaraan ini sendiri pun mempunyai desain interior yang telah disiapkan sehingga segala jenis standar keselamatannya sudah didesain sedemikian rupa oleh Isuzu. Kapasitas yang dapat ditampung oleh Minibus Hiace adalah sebanyak 15 orang penumpang.

Sumber: Medium.com

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait