Berita

Sewa Mana yang Harus Dipilih? Sewa Elf Long atau Elf Short ?

07 August 2020

Mana yang Harus Dipilih? Sewa Elf Long atau Elf Short ?

Ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan ke luar kota, tentu Anda akan mempertimbangkan transportasi yang akan Anda gunakan. Selain menggunakan kereta atau pesawat, terdapat alternatif lain untuk menuju lokasi yang diinginkan yaitu dengan sewa Elf.

Meskipun Elf tidak sebesar bus, namun di Indonesia, kendaraan ini sering diandalkan untuk mengantar rombongan untuk perjalanan antar kota.

Mengapa Elf populer di Indonesia?

Elf pertama kali diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia sekitar tahun 1995 oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia. Mobil ini dikenal sebagai kendaraan bermesin diesel yang irit serta multifungsi sehingga mendapat sambutan yang baik.

Mobil ini juga menjadi pilihan para pengusaha travel karena dikenal hemat bahan bakar sehingga mampu menekan biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Elf memiliki konsep mini bus dengan performa yang tangguh dan handal dalam setiap kondisi perjalanan. Mobil ini juga memiliki tenaga yang besar karena dibekali dengan mesin 4JB1-TC dengan kapasitas 2.771cc sehingga dapat menghasilkan tenaga mencapai 100 PS. Dengan kemampuannya tersebut, Elf menjadi kendaraan yang cepat dan ringan.

Selain itu, Elf juga didesain dengan kabin yang besar dengan ruang di dalam mobil yang luas sehingga dapat menampung banyak penumpang. Elf sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Elf Long dan Elf Short. Untuk Elf long, kapasitas penumpang yang tersedia adalah untuk 16-19 orang, sedangkan Elf Short dapat menampung sekitar 13-15 penumpang.

Dengan kapasitas penumpang yang cukup besar, banyak perusahaan yang memberikan jasa sewa elf untuk transportasi travel, tour, atau perjalanan pariwisata.

Baca Juga: Mengapa Anda Harus Sewa Hiace Luxury di Sembodo

Sewa Elf Long atau ELf Short?

Jasa perusahaan sewa Elf Jakarta, biasanya akan menyediakan Elf Short dan Elf Long. Lalu mana yang harus dipilih?

Tentu jika Anda memiliki rencana untuk bepergian dengan rombongan besar yaitu sekitar 16-19 orang, maka sebaiknya Anda memilih untuk menyewa Elf Long daripada ELf Short. Terlepas dari perbedaaan kapasitas penumpang, Elf Long dan Elf Short memiliki beberapa perbedaan yaitu:

1. Desain eksterior yang berbeda

Secara sekilas baik Elf short dan long memiliki tampilan yang terlihat sama. Hal yang membedakan kedua mobil ini adalah ukuran dimensinya. Sesuai dengan namanya, Elf long memiliki dimensi yang lebih panjang karena mobil ini menyediakan kapasitas penumpang yang lebih banyak daripada Elf Short. Elf long memiliki satu baris tambahan di belakang yang tidak dimiliki oleh Elf short.

Secara garis besar untuk tampilan eksterior kedua mobil ini sama-sama sederhana namun tetap terlihat modern. Biasanya, tampilan eksterior pada dua jenis Elf ini dapat terlihat berbeda ketika mobil tersebut diproduksi oleh karoseri yang berbeda juga.

Hal ini terjadi karena setiap pemesanan mobil Elf, konsumen mempunyai detail permintaan untuk desain dan warna yang berbeda. Biasanya penyedia jasa sewa Elf mewarnai kendaraan mereka sesuai dengan ciri khas perusahaan mereka masing-masing.

2. Desain interior yang berbeda

Desain interior pada kedua mobil ini sebenarnya tergantung dari perusahaan penyedia jasa sewa ELf. Biasanya mereka order ke jasa karoseri untuk dibuatkan desain interior sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Mobil Elf  menggunakan lampu penerangan kabin dengan teknologi LED untuk mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga dapat lebih irit. Di dalam mobil juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan seperti panel layar sentuh yang terkoneksi dengan DVD player, speaker, subwoofer dan power.

Perbedaan desain interior pada Elf short dan Elf long terletak pada jumlah kursi penumpang yang disediakan. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa mobil ini merupakan mobil rakitan dari karoseri dalam negeri.

Oleh karena itu, jika pembeli mobil Elf dapat menambahkan sejumah fitur tambahan jika diinginkan. Namun perlu diingat untuk fitur tambahan pembeli mobil tentu akan dikenai biaya yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Jasa Sewa Mobil di Jakarta

3. Performa mesin

Setelah mengetahui bagaimana desain interior dan eksterior pada mobil Elf long dan Elf short, sekarang Anda perlu mengetahui performa masing-masing kendaraan tersebut. Baik Elf long atau pun Elf short, sama-sama menggunakan mesin tipe 4JB1-TC dengan kapasitas 2.700 cc.

Mesin tersebut dapat menghasilkan daya maksimal sebesar 100PS/3400 rpm dengan torsi maksimal yaitu sebesar 22/5kgm. Dengan performa mesin tersebut, Elf dapat dikatakan sebagai mobil yang handal dan tangguh untuk dipcau di berbagai kondisi jalanan.

Selain memiliki performa mesin yang baik, Elf juga memiliki suspensi yang bagus. Suspensi yang berkualitas dapat meredam kejutan atau getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata sehingga penumpang dapat selalu merasa nyaman ketika menempuh perjalanan jauh.

Elf juga mobil ini juga mempunyai struktur sasis yang kokoh dan juga kuat. Biasanya, sasis juga dirancang terpisah dari body mobil sehingga mudah ketika pemilik mobil ingin mengganti body mobil dengan yang baru.

Secara garis besar, baik Elf short dan Elf Long tidak memiliki banyak perbedaan. Satu hal yang terlihat sangat membedakan adalah kapasitas penumpang. Oleh karena itu, sebelum Anda menyewa Elf, Anda perhitungkan terlebih dahulu berapa jumlah penumpang. Dengan demikian, Anda dapat menyewa Elf sesuai dengan kebutuhan.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait