Berita

Sewa Mercedes-Benz Buat Sistem Navigasi yang Tahu Lokasi Rawan Kejahatan

27 September 2018

Mercedes-Benz Buat Sistem Navigasi yang Tahu Lokasi Rawan Kejahatan

Mercedes-Benz bakal memiliki sistem navigasi masa depan yang terintegrasi dengan data kriminalitas. Berbekal aplikasi yang kelak bisa diunduh dari Mercedes-Benz Applications Store ini, pengendara dapat menghindari area dengan potensi bahaya tinggi.

Berkendara naik mobil berharga terjangkau tak menghilangkan kemungkinan untuk menjadi korban tindak kejahatan, apalagi jika mengemudikan sebuah Mercedes-Benz. Hal ini yang mungkin dipikirkan oleh pabrikan asal Jerman tersebut dalam pengembangan sistem navigasi mereka kelak.

Mercedes-Benz, menurut Motor1 awal pekan ini, sedang mengembangkan sistem navigasi yang mampu mendeteksi area-area dengan tingkat kriminalitas tinggi. Kompetitor abadi BMW tersebut ingin mobil-mobil mereka nantinya bisa mengarahkan pemilik kendaraan agar tak masuk ke daerah dengan rekam jejak tindak kejahatan tinggi saat mencari parkir.

Sistem tersebut bakal menggunakan statistik dari polisi, kemudian membentuk basis data lokasi-lokasi dengan potensi vandalisme, penodongan, dan lain-lain. Informasi diberitahukan melalui pembedaan warna hijau, kuning, atau merah di peta navigasi. Teknologi ini ditargetkan siap dipakai di model-model generasi selanjutnya.

“Kita bisa memilih tempat parkir incaran dan menganalisa berapa banyak kejahatan di area itu pada pekan-pekan sebelumnya. Warna hijau artinya aman dan Anda kami sarankan parkir di situ. Kuning artinya masih oke, tapi usahakan cari yang hijau. Untuk warna merah, Anda pasti tak akan mau ke sana,” papar Markus Ehmann, Senior Technical Product Owner, Mercedes-Benz Research And Development Nort America.

Sayangnya, layanan secanggih ini akan dikembangkan di region-region tertentu yang menyediakan data kriminalitas secara terbuka ke publik. Selain menunjukkan area berbahaya, sistem dapat pula memperlihatkan jarak tempuh ke lokasi tujuan, tarif parkir, serta tentu saja kondisi lalu lintas.

“Aplikasi ini sangat menarik karena memadukan data geografi setempat dengan beragam statistik seperti kriminalitas dan ketersediaan tempat parkir. Jika yang seperti ini bisa terwujud, saya yakin responsnya akan sangat kuat,” nilai David McCarthy, Juru Bicara Mercedes-Benz Australia.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait