Berita

Sewa Misi Honda Jazz Facelift: Makin Unggul dari Toyota Yaris

27 July 2017

Misi Honda Jazz Facelift: Makin Unggul dari Toyota Yaris

Pasar hatchback di semester pertama 2017 turun cukup jauh. Di tengah surutnya penjualan di segmen ini, Honda meluncurkan Jazz facelift pada Rabu (26/7/2017) agar pangsa pasarnya naik dan makin unggul dari Toyota Yaris.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), transaksi jual-beli di segmen hatchback selama Januari-Juni kemarin mencapai 16.500 unit. Angka ini turun 23,94 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan Jazz pun turun, namun tak sedalam penurunan di pasar hatchback sepanjang enam bulan pertama. Jazz, yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2004, tereduksi penjualannya 20,29 persen, dari 9.793 unit ke 7.806 unit.

Karena itulah, pangsa pasar Jazz malah naik dari 45 persen di semester pertama tahun lalu menjadi 47 persen di periode yang sama tahun ini. Jazz menjadi pemimpin di segmennya, mengungguli Toyota Yaris.

Toyota Yaris sendiri turun dengan persentase yang relatif sama dengan penurunan pasar yakni 23,66 persen, dari 9.028 ke 6.892 unit. Karena itu, pangsa pasar Yaris di segmen hatchback tetap 42 persen.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan, tujuan mereka merilis Jazz facelift ialah sedikit meningkatkan penjualan dari 7.800-an unit di semester pertama menjadi 8.000-an unit di paruh kedua. Dengan demikian, aktivitas komersial Jazz pada akhir 2017 diharapkan menjadi 16-17 ribu unit.

"Angka itu (16-17 ribu unit) turun juga, tapi enggak sebesar penurunan pasar sehingga pangsa pasar Jazz naik," ucap Jonfis setelah acara peluncuran Jazz facelift di Jakarta.

Adapun perkiraan Jonfis mengenai pasar hatcback di akhir tahun ialah 33 ribu unit, turun 13-14 persen dibandingkan di 2016 yang mampu menyentuh 38 ribu. Karena itu, target pangsa pasar Jazz di penghujung tahun sekurang-kurangnya 47 persen.

"(Pasar hatchback) semester kedua turun tapi tak sebesar di semester pertama. Ini karena ada model baru, pameran otomotif, dan penjualan akhir tahun," papar Jonfis.

"Jazz hingga saat ini sudah 10 tahun menjadi pemimpin di kelasnya. Kerja keras ini harus dipertahankan," tutupnya.

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait