Berita

Sewa Musim Mudik, Daerah Ini Diprediski Alami Kenaiakan Konsumsi BBM

31 May 2017

Musim Mudik, Daerah Ini Diprediski Alami Kenaiakan Konsumsi BBM

Peningkatannya diprediksi sekitar 25,8%, karena di sana akan terjadi kemacetan.

Dalam suasana mudik ini, Pertamina akan mengantisipasi wilayah yang kemungkinan akan mengalami kenaikan tertinggi, yakni Jawa Tengah. Diprediksi peningkatannya sekitar 25,8%, karena di sana akan terjadi hirup pikuk kemacetan. Adapun di jalur Sumatera, kenaikan cukup tinggi terjadi di Sumatera Barat 22,7%. Sementara di wilayah Jawa Timur yang biasanya tinggi, tahun ini diprediksi naik tetapi tidak signifikan, karena kemacetan lebih cepat terurai.

Kehadiran Satgas ini, lanjut Mochammad Iskandar, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), merupakan bagian dari upaya perseroan terhadap konsumen, khususnya rakyat Indonesia yang sedang menjalani puasa dan hari raya. Pada masa Satgas, Pertamina akan memastikan stok BBM berada di atas 20 hari. "Satgas BBM akan memastikan pemenuhan dan proses distribusi bahan bakar kendaraan ini pada saat puasa dan Idul Fitri aman. Agar masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa halangan,"jelasnya.

Sementara untuk mengantisipasi arus mudik lebaran yang terjadi H-7 s/d H+7, Satgas lebaran, Pertamina akan meningkatkan distribusi BBM di SPBU, dan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak dan instansi seperti POLRI, TNI, Dinas Perhubungan, Badan Geologi dan instansi lainnya dalam menjaga keamanan dan kelancaran penyaluran BBM.

Ada beberapa jalan tol yang belum menyediakan rest area, Pertamina akan menyediakan kios dan mobil SPBU dan BBM dalam kantong kemasan. “Para pemudik bisa mendapatkan BBM kemasan itu di SPBU-SPBU dan kios penjualan, sehingga kalau di daerah macet bisa mengisi BBM sendiri,” pungkas Mochmmad Iskandar.

Pertamina juga akan mengerahkan mobil tanki dengan flowmeter yang penempatannya akan ditetap sesuai kondisi. Rencananya, untuk melayani para pemudik, Marketing Operation Region (MOR) III akan menyediakan 3 mobil tanki flowmeter, dan 8 - 10 mobil tanki oleh MOR IV.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait