Berita

Sewa Pajak Turun Bikin Harga Sedan Sama dengan Hatchback

19 June 2016

Pajak Turun Bikin Harga Sedan Sama dengan Hatchback

Pasar sedan di Indonesia saat ini dianggap sulit berkembang lantaran adanya regulasi yang membebani. Besarnya pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk sedan yakni 30 persen membuat harga sedan melambung cukup tinggi.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) saat ini sedang mengupayakan agar pemerintah menurunkan PPnBM menjadi 10 persen. Dengan begitu, harga sedan akan turun dan dapat lebih terjangkau oleh konsumen.

Hal ini dibenarkan Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Antonio Zara. Bahwa harga sedan nantinya dapat lebih rendah daripada SUV apabila pajak disamakan dengan mobil lainnya.

"Kemungkinan akan di bawah SUV. A sedan di bawah A SUV, B sedan di bawah B SUV dan C sedan di bawah C SUV. Normalnya di pasar manapun harga sedan di bawah SUV," terangnya.

Bahkan, menurutnya harga sedan seharusnya akan sama dengan hatchback. Karena pada dasarnya hatchback merupakan model yang sama dengan sedan, hanya saja tanpa bagasi.

"Di market manapun hatchback punya harga yang sama dengan sedan. Seharusnya harganya sama. Basically, hatchback dan sedan itu sama hanya tanpa kargo," tuturnya.

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait