Berita

Sewa Pemerintah Turunkan Pajak Sedan Tahun 2018

22 April 2018

Pemerintah Turunkan Pajak Sedan Tahun 2018

Regulasi terkait dengan pajak kendaraan di Indonesia tampaknya akan ada beberapa revisi atau perombakan. Dimana, belum lama ini terdengar kabar yang cukup menggembirakan mengingat pemerintah Indonesia dalam dua bulan lagi bakal mengeluarkan regulasi baru soal perubahan pajak sedan untuk pasar dalam negeri. Kabar terkait perubahan pajak tersebut disampaikan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johannes Nangoi pada Kamis (19/4/2018).

Memang, selama ini segmen sedan, terutama sedan yang berkubikasi 1.500 cc, seolah-olah mendapat perlakuan yang dibedakan. Pasalnya, melalui Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 pada Pasal 2 Ayat 4, tertulis bahwa sedan dengan kapasitas silinder sampai 1.500 cc dikenai PPnBM 30 persen.

Sementara itu di sisi lain, untuk segmen LMPV dengan ukuran mesin sama, pajaknya hanya 10 persen. Masyarakat tampaknya tak diberi kebebasan untuk memilih model mobil, malah ini seolah seperti mengarahkan preferensi pasar ke sisi LMPV daripada sedan. Tentu saja, segmen mobil sedan di Indonesia mengalami pasang surut yang tak sebaik Low MPV.

“Kira-kira dalam waktu dekat ini, dua sampai tiga bulan lagi bereslah, mudah-mudahan sebelum GIIAS, mudah-mudahan ya,” ucap Nangoi.

Di samping itu, Nangoi sendiri juga menuturkan bahwa sampai saat detik ini pihak Kementerian Perindustrian terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, dan sedang mendiskusikannya bersama Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

“ Pajak sedan, Bapak Menteri sudah bicara, beliau katakan bahwa regulasinya masih digodok dan sudah dikirim ke Kementerian Keuangan, serta sudah dibicarakan oleh BKF,” ucap Nangoi.

Tentu saja, dengan revisi terkait regulasi pajak mobil sedan di pasar Indonesia yang akan diturunkan tersebut akan membuat pasar mobil sedan meningkat pesat. Mengingat di Tanah Air, penggemar sedan masih terbilang cukup ramai, apalagi jika besok pajaknya mengalami penurunan. Pastinya, tak menutup kemungkinan jika nantinya segmen sedan bisa mengambil alih menjadi model mobil yang mendominasi pasar kendaraan roda empat di Indonesia.

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait