Berita

Sewa Pemkot Cirebon Luncurkan Bus Wisata Citros Untuk Keliling Kota

27 February 2019

Pemkot Cirebon Luncurkan Bus Wisata Citros Untuk Keliling Kota

Untuk mendukung pariwisata yang berada di Kota Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon akhirnya resmi meluncurkan Bus Wisata Citros (Cirebon Tourism on Bus) pada Sabtu, (23/2) yang lalu.

Peluncuran bus wisata tersebut diresmikan secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat, serta Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, yaitu Dedi Taufik.

Menurut Wakil Ketua Organda Kota Cirebon, Karsono mengatakan bahwa rencananya bus wisata Citros ini akan mulai beroperasi di awal Maret 2019 mendatang.

“Karena kita saat ini masih menempuh persyaratan administrasi mengenai kendaraan serta targetnya adalah pada awal bulan Maret dapat segera beroperasi,” terang Karsono, seperti dilansir laman Kumparan.com.

Bus wisata ini mempunyai kapasitas daya tampung sebanyak 20 penumpang dan rencananya bakal dilengkapi dengan mini bar dan mini distro, oleh-oleh khas Cirebon serta akan dipandu dengan guide yang berpengalaman.

Bus wisata ini nantinya juga akan dilengkapi dengan sound system yang berfungsi untuk menjelaskan tempat-tempat yang dilalui,” terang Karsono lagi.

Karsono pun menambahkan jika setiap penumpang bus wisata bisa mendapatkan informasi dari media sosial, karena bus wisata ini telah berkolaborasi dengan aplikasi Wistakon yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Untuk rute yang akan dilalui oleh Citros dimulai dari tempat wisata religi yang terdapat di Makan Sunan Gunung Jati hingga ke kawasan belanja Batik Trusmi.

“Selanjutnya nanti dari Batik Trusmi, Citros akan langsung menuju ke Gunung Jati lagi,” ucapnya lagi.

Saat pertama kali melakukan perjalanan, nantinya akan dilihat terlebih dahulu dalam sehari bus wisata ini dapat berapa kali mengangkut penumpang. Hal ini dikarenakan hingga kini belum tahu estimasi waktu yang dapat ditempuh dalam sekali jalan.

“Jam operasi Citros ini nantinya akan dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Namun jika memang memungkinkan, saat akhir pekan mungkin bisa sampai malam, dan nantinya akan kita coba juga sampai malam,” terangnya lagi.

Jika memang telah diketahui waktu yang dibutuhkan untuk menempuh rute tersebut, maka jadwal keberangkatan Citros ini dapat dilihat dari aplikasi Wistakon. Selain itu, bus ini nantinya telah dilengkapi dengan sistem GPS.

Mobil-mobil kami di dukung oleh tenaga kerja yang profesional, sehingga kami yakin permasalahan transportasi yang dialami konsumen untuk mendapatkan keamanan, kenyamanan dan kepuasan dalam berkendara dapat terjawab oleh rental mobil Kami.

Berita Terkait