Berita

Sewa Penjualan Kendaraan Niaga Tumbuh 28 Persen Year on Year

28 December 2018

Penjualan Kendaraan Niaga Tumbuh 28 Persen Year on Year

Pertumbuhan di segmen kendaraan niaga alias commercial vehicle memang menggembirakan ketimbang mobil penumpang. Segmen ini juga mampu berkembang diatas rata-rata pertumbuhan pasar.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sampai November tahun ini untuk kategori bus, pick up dan truk saja total penjualannya mencapai 240.902 unit, naik 18,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 202.570 unit.

Kenaikan tertinggi berasal dari kategori truk yang tumbuh 28% year on year (yoy) menjadi 104.311 unit. Di sebelas bulan pertama 2017 hanya 81.334 unit. Sedangkan kenaikan penjualan pick up dan bus masing-masing dikisaran 12% yoy dan 2,4% yoy.

Kukuh Kumara, Sekjen Gaikindo masih memprediksi pertumbuhan pasar di tahun depan. "Tahun depan ada sinyal kuat akan tumbuh, terutama penjualan di segmen kendaraan niaga atau komersial walau belum diimbangi segmen kendaraan penumpang," ujarnya.

Dengan pertumbuhan dobel digit di sebelas bulan pertama tahun ini, segmen kendaraan niaga berada diatas rata-rata kenaikan penjualan mobil nasional yang Januari - November 2018 mencapai 1.063.464 unit, naik sekitar 7% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 994.799 unit.

Bagi Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily, Indonesia diuntungkan sebagai salah satu negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi diatas 5% serta kenaikan jumlah middle class merangsang permintaan segmen mobil ini.

"Perkembangan kendaraan niaga di Indonesia sangat menjanjikan, tidak hanya didorong oleh sektor pertambangan dan komoditi, namun juga terbantu oleh pembangunan infrastruktur di Indonesia serta kenaikan logistik akibat tren belanja daring (e-commerce)," urainya kepada Kontan.co.di, Minggu (16/12).

Oleh karena itu tak heran, beberapa pemain baru mulai menjajaki masuk ke segmen kendaraan ini. Sebut saja Wuling Motors, yang belum lama ini resmi meluncurkan kendaraan Light Commercial Vehicle (LCV) pertamanya, Wuling Formo berkapasitas 1.200 cc.

Melihat fenomena tersebut, sebenarnya Ernando tak heran sebab ia mengakui tren pertumbuhan kendaraan niaga sangat menjanjikan. "Sehingga tentu menarik merk lain untuk ikut bermain," katanya.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait