Berita

Sewa Perbandingan Toyota Sienta Melawan Honda Freed

12 April 2016

Perbandingan Toyota Sienta Melawan Honda Freed

Toyota Sienta baru saja diluncurkan di IIMS 2016. MPV dengan desain boxy ini terlihat sangat memikat. Apalagi eksteriornya yang futuristik. Produk yang diproduksi di Indonesia ini akan mengisi segmen yang sama dengan Honda Freed.

Di sisi lain, Honda Freed adalah MPV dengan konsep triangle square (segitiga dan kotak). Kelebihannya adalah pada kebebasan ahli teknik Honda merekayasa kabin. Hasilnya jelas, meskipun terlihat kecil dari luar, kabin Freed cukup luas.

Nah, apa hasilnya jika kedua produk ini dibandingkan? Mobil melawan mobil, apakah Sienta yang akan menang ataukah Honda Freed akan memberi pelajaran berarti bagi Toyota di segmen ini? Simak perbandingan spesifikasi keduanya di sini.

Desain dan Rekayasa

Desain Toyota Sienta terlihat lebih futuristik dari Honda Freed. Konsep desain futuristik di tubuh Sienta bisa dilihat dari fascia depan, grille, serta plastik hitam yang menghiasi fog lamp dan ditarik ke atas hingga lampu utama.

Honda Freed menurut kami terlihat lebih ‘dewasa’ dan elegan. Tidak ada aksen tambahan serupa Sienta di fascia depan, bagian samping hingga belakang mobil. Wajar saja, karena Honda freed merupakan sebuah mobil keluarga yang simple, compact, dan stylish.

Beralih ke dimensi. Toyota Sienta lebih panjang dari Honda Freed, namun kalah lebar dan kalah tinggi dari Honda Freed. Mengapa Sienta lebih panjang? Karena disebabkan oleh jarak sumbu rodanya yang juga lebih panjang 10 mm. Logikanya, ini akan berdampak pada kenyamanan posisi duduk yang lebih luas ketimbang Honda Freed. Benarkah demikian?

Toyota Sienta berkonfigurasi tiga baris. Posisi duduk di baris pertama sangat nyaman dan ruang kaki luas. Di baris kedua juga demikian, sayangnya, jok baris kedua tidak bisa digeser jauh ke depan. Sehingga asumsi kami Toyota sengaja memaksimalkan posisi duduk di baris kedua untuk alasan kenyamanan. Menariknya, begitu mencoba jok baris ketiga, dengan jok baris kedua didorong maksimal ke belakang, ruang kaki kami (tinggi badan 172 cm)  tidak terlalu sempit. Pun demikian, tidak akan terasa nyaman dalam perjalanan jauh.

Bagaimana dengan Honda Freed? Honda Freed telah banyak menggondol penghargaan di Indonesia. Ini tentu disebabkan oleh kelebihan-kelebihannya. Berkonsep triangle square, membuat kabin Freed luas dan nyaman. Konsep walk through cabinnya sangat kami sukai, karena begitu memudahkan penumpang untuk berpindah tempat di dalam kabin. Jok baris ketiganya pun cukup luas.

Berbeda dari Toyota Sienta, Honda Freed dilengkapi captain seat, sehingga menawarkan sesuatu yang baru bagi kendaraan keluarga. Inilah yang kami apresiasi sangat baik. Apalagi jika dilihat usianya, maka Honda Freed tidak lagi muda jika dibandingkan dengan Toyota Sienta.

 

Dimensi

Toyota Sienta

Honda Freed

Panjang

4.235 mm

4.215 mm

Lebar

1.695 mm

1.700 mm

Tinggi

1.695 mm

1.740 mm

Sumbu roda

2.750 mm

2.740 mm

Sasis dan Lainnya

Toyota Sienta

Honda Freed

Rem

Depan: 15 inci cakram padat. Belakang: 15 inci cakram padat

Depan: Cakram berventilasi. Belakang: Drum

Suspensi

Depan: McPherson Strut with Coil with Stabilizer. Belakang: Torsion beam

Depan: McPherson Strut. Belakang: Torsion beam H-shape

Sistem kemudi

Rack n Pinion (EPS)

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Power steering

Tilt

Tilt

Ban

195/55R16

185 / 65 R15

 

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait