Berita

Sewa Rolls-Royce Cullinan Dinilai Punya Tampilan Sangat Buruk

05 January 2019

Rolls-Royce Cullinan Dinilai Punya Tampilan Sangat Buruk

Rolls-Royce Cullinan merupakan sport utility vehicle (SUV) supermewah. Namun, mobil ini dikatakan punya tampang sangat buruk, khususnya dari sisi depan.

Cullinan merupakan SUV pertama buatan Rolls-Royce yang menjalani debut global pada Mei kemarin. Namanya diambil dari nama berlian terbesar sejagad yang sekarang disimpan di British Crown Jewels.

Cullinan menjadi penguat tren SUV yang membuat pabrikan-pabrik mobil mewah maupun mobil sport mau tak mau harus membuatnya. Sebelumnya, merek-merek yang sudah ‘berkhianat’ antara lain adalah Porsche, Lamborghini, Bentley, Maserati. Bahkan Ferrari pun dikabarkan sedang mengembangkan SUV.

Di balik seluruh kemewahan dan status sebagai satu-satunya SUV di kelas yang ditempati Rolls-Royce, Cullinan baru-baru ini mendapat kritikan pedas. Top Gear, dalam review yang ditayangkan di YouTube pada 21 Desember kemarin, mengatakan bahwa desainnya amat jelek.

“Dari sepertiga bodi ke belakang, tidak ada masalah. Tapi, di sisi depan, mobil ini—tunggu, saya harus menemukan kata-kata tepat—buruk luar biasa,” ucap Chris Harris dari Top Gear.

Sisanya Pujian
Di sisi lain, Harris, yang jujur mengatakan lebih memilih sedan daripada sebuah SUV, memuji segala aspek dari Cullinan. Di antaanya adalah kabin ia sebut sangat senyap.

Ia bahkan menyebut Cullinan sebagai SUV paling senyap di dunia. Hal ini berkat penyematan segala material insulasi hingga seberat 100 kg di segala sisinya.

Material insulasi teramat banyak mengompensasi bodi ringan yang seluruhnya terbuat dari aluminium. Bodi serupa juga terdapat pada Rolls-Royce Phantom VIII. Bobot Cullinan akhirnya menjadi hampir tiga ton.

Ground clearance Cullinan akan merendah 40 mm untuk sementara ketika kunci dibuka, baik dengan pengontrol jarak jauh maupun ketika gagang pintu dipegang. Bagasinya berkapasitas 560 liter dan dapat ditingkatkan menjadi 600 liter.

Pintu bagasi Cullinan bermodel picnic seat yang bisa dibuka bagian bawahnya dan difungsikan sebagai tempat duduk untuk menikmati pemandangan. Di dasbor depan, terdapat tombol yang jika ditekan bakal membuat pintu menutup otomatis setelah dibuka.

Performa Cullinan tak lupa disanjung Harris. Platform khusus yang dibuat Rolls-Royce untuknya mempunyai struktur sangat kaku, kaki-kaki berkemampuan prima, plus body roll luar biasa baik.

Di balik kap depan, terdapat mesin twin-turbo 6.75-liter V12, dipadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan serta sistem penggerak empat roda. Gelontoran tenaganya mencapai 563hp serta torsi 850 Nm yang sudah bisa digapai di putaran mesin 1.600 rpm.

Cullinan juga tak hanya mewah. Mobil ‘ningrat’ tersebut bisa dibawa ke medan off-road. Mode off-road bisa diaktifkan melalui tombol di konsol tengah dan terdapat pula pengaturan Stability Control untuk medan non-aspal.

Soal kemewahan tentu tak perlu diragukan. Rolls-Royce menyediakan layanan BeSpoke yang mewujudkan seluruh imajinasi pemilik untuk eksterior plus interiornya.

Jasa sewa atau rental mobil yang kami tawarkan antara lain rental mobil mewah, rental mobil pengantin, rental mobil murah, mini bus pariwisata dan semacamnya serta paket wisata.

Berita Terkait