Berita

Sewa Transformasi Toyota Alphard, Mobil MPV Mewah Terlaris

12 March 2018

Transformasi Toyota Alphard, Mobil MPV Mewah Terlaris

MPV besar nan mewah, Toyota Alphard, lahir pertama kali pada 2002. Dari desainnya yang mengotak, jelas target pasarnya Jepang, yang memang doyan van boxy. Tapi ternyata, Alphard juga dipasarkan di luar Jepang dan mendapat sambutan baik. Beberapa pasar yang menjual Alphard di antaranya Hong Kong, Singapura, Malaysia dan tentu saja Indonesia. Alphard sudah hidup mencapai tiga generasi, dengan tiap generasi mendapat penyegaran, baik dari segi desain maupun kelengkapan.

Secara umum Alphard punya pilihan 7-seater dan 8-seater serta dengan opsi mesin 2,4 liter dan 3,0 liter. Baru pada generasi kedua, Alphard ditawarkan dengan mesin V6 3,5 liter. Alphard juga biasanya dibagi dalam varian G, V dan Hybrid. Varian hybrid bukan sepenuhnya atau semi hybrid. Alphard juga punya pilihan penggerak roda depan maupun empat roda AWD.

Generasi Satu (AH10; 2002 - 2008)
Alphard lahir untuk menghalau Nissan Elgrand dan Honda Elysion di Jepang. Pada generasi pertama, Alphard menawarkan mesin 2AZ-FE 4-silinder, 2,4 liter VVT-i bertenaga 160 PS dan torsi 195 Nm. Pilihan lain ada mesin 1MZ-FE V6 3,0 liter dengan output 220 PS dan 310 Nm. Outputnya disalurkan lewat transmisi otomatis 4-speed atau 5-speed ke penggerak roda depan atau AWD. Pada generasi ini, dimensi Alphard 4.865 x 1.830 x 1.935 mm (PxLxT) dengan jarak sumbu roda 2.900 mm dan bobot sekitar 1.800 kg. Pada 2005, generasi pertama mendapat facelift dengan ubahan desain ringan dan pelek alloy 16 atau 17 inci serta menambahkan lini hybrid.

Generasi Dua (AH20; 2008 - 2015)
Pada generasi kedua lini Alphard, semakin bertambah dengan kelahiran Vellfire. Toyota Vellfire sendiri merupakan Alphard dengan penampilan lebih sporty. Sedang pada generasi kedua, wujud Alphard juga diperbarui dengan eksterior lebih elegan dan interior semakin mewah. Tak cuma desain, dimensi generasi kedua juga berubah. Jarak sumbu roda bertambah 15 mm. Panjang dan tinggi bodi juga bertambah dibanding generasi satu. Mesin 2AZ-FE masih setia menemani, namun ditingkatkan tenaga dan torsi mencapai 170 PS dan 235 Nm. Mesin baru 2GR-FE V6 3,5 liter menyemburkan daya 280 PS dan torsi besar 330 Nm. Pilihan transmisi otomatis 6-speed atau CVT 7-speed. Facelift Alphard generasi dua diberikan pada 2011 sekaligus memperkenalkan varian hybrid.

Generasi Tiga (AH30; 2015 - Sekarang)
Inilah Alphard yang beredar di jalanan saat ini. Dengan versi facelift-nya, baru saja diluncurkan awal 2018. Sejumlah perubahan terjadi pada generasi tiga seperti mesin baru 2AR-FE 4-silinder 2,5 liter dual VVT-i dan 2,5 liter hybrid. Pada facelift terbaru, transmisi diupdate menjadi otomatis 8-speed. Desain pada generasi ketiga juga semakin modern. Pembeda sporty antara Alphard dan Vellfire semakin tipis, sehingga hanya berbeda desain tanpa klasifikasi. Kadar kemewahan dan kecanggihan juga turut meningkat. Begitu juga dengan banderol yang melekat pada MPV mewah kebanggaan Toyota.

Mobil-mobil kami di dukung oleh tenaga kerja yang profesional, sehingga kami yakin permasalahan transportasi yang dialami konsumen untuk mendapatkan keamanan, kenyamanan dan kepuasan dalam berkendara dapat terjawab oleh rental mobil Kami.

Berita Terkait