Berita

Sewa Mau Liburan Pakai Bus Wisata? Ini Posisi Duduk Yang Aman dan Nyaman

28 August 2019

Mau Liburan Pakai Bus Wisata? Ini Posisi Duduk Yang Aman dan Nyaman

Bus merupakan salah satu jenis transportasi yang paling sering digunakan ketika hendak melakukan perjalanan jauh atau saat liburan bersama dengan sanak keluarga Anda.

Ketika melakukan perjalanan jauh menggunakan bus, baik bus angkutan umum (AKAP) atau bus pariwisata tentu saja tetap mempunyai banyak risiko. Mulai dari ketidaknyamanan saat duduk sehingga membuat muntah atau pusing, dan tingkat keamanan tempat duduk jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: ?Liburan Naik Bus? Ini 4 Keuntungan Yang Bisa Anda Dapatkan

Karena itu, ada baiknya juga Anda mengetahui mengenai posisi duduk yang nyaman dan aman saat melakukan perjalanan menggunakan bus.

Tempat duduk yang tepat saat berada di dalam bus ternyata turut mempengaruhi tingkat keamanan dan kenyamanan penumpang. Anda tentu tidak ingin jika momen liburan Anda terganggu karena ketidaknyamanan posisi tempat duduk yang Anda gunakan saat menikmati perjalanan.

Sebagian orang mengatakan jika duduk dimanapun saat berada di dalam bus adalah hal yang sama. Meski begitu, beberapa orang lain justru memberikan tanggapan yang berbeda. Menurut mereka, pemilihan tempat duduk yang nyaman saat pergi menggunakan bus merupakan hal yang paling penting agar tetap dapat menikmati perjalanan.

Beberapa orang memilih berada di dekat pintu keluar atau di kursi bagian depan tingkat pertama, jika bus tersebut memiliki dua tingkat. Posisi ini sangat dianjurkan jika Anda menggunakan angkutan umum ketika berlibur, karena mempunyai ruang gerak yang lebih luas, serta mempunyai tingkat visibilitas paling baik untuk melihat pemandangan.

Namun jika bus yang Anda tumpangi adalah bus pariwisata dan sering mengalami mabok darat saat melakukan perjalanan jauh, maka posisi tempat duduk di kursi depan atau belakang bukanlah pilihan yang bijak. Sebab, di posisi tersebut biasanya guncangan bus paling terasa.

Baca Juga: Kunjungi Kawasan Bersuhu Dingin di Indonesia Dengan Bus Pariwisata

Pilihlah posisi duduk di tengah dekat dengan lorong. Posisi ini selain nyaman, juga dikenal aman. Hal ini berdasarkan riset dari Transport Safety Board Kanada, Amerika, Australia, dan Jepang yang menyatakan jika posisi duduk paling aman saat terjadi insiden adalah di sisi kiri bus yang letaknya berada di posisi bagian tengah.

Menurut mereka, jika terjadi sesuatu seperti tabrakan di bagian depan, maka posisi duduk paling depan merupakan posisi yang tentunya terkena benturan paling keras. Hal ini juga terjadi di kursi yang berada di posisi belakang. Jika bus ditabrak dari belakang, maka momentum benturan paling keras akan sangat terasa di kursi bagian belakang.

Sembodo selalu mementingkan kenyamanan dan keamanan bagi setiap penumpangnya. Karena itu, setiap bus wisata kami, baik bus besar maupun sedang merupakan bus-bus pilihan yang telah dirancang sedemikian rupa sesuai standar internasional sehingga terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Sembodo RENTCAR memiliki pilihan mobil yang mewah seperti Toyota Alphard, Mercy, Lamborghini, Mini Cooper dan Rolls Royce. Juga saat ini ada beberapa Mini Bus Mewah Hiace untuk Pariwisata.

Berita Terkait