Berita

Sewa Mau Sewa Bus Pariwisata? Cek Dulu Kondisinya Melalui Aplikasi Ini

18 September 2019

Mau Sewa Bus Pariwisata? Cek Dulu Kondisinya Melalui Aplikasi Ini

Acara liburan akan terasa menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama, baik dengan teman, rekan kerja atau keluarga Anda. Acara tentu juga akan terasa meriah jika adanya kebersamaan. Karena itu diperlukan moda angkutan yang dapat mendukung hal ini, yaitu bus. Sewa bus pariwisata kini dapat Anda lakukan dengan mudah, seperti melalui aplikasi atau website.

Bus menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dipilih oleh banyak masyarakat, karena dapat mengangkut orang dalam jumlah yang sangat banyak, fleksibel, serta mempunyai ruang kabin yang cukup lega.

Baca Juga: Ternyata Ini Penjelasan Mengenai Tulisan EURO Pada Bodi Bus

Meski begitu, tidak sedikit orang yang mengalami kekecewaan. Sebab ternyata, bus yang mereka sewa tidak memuaskan. Seperti, bus yang disiapkan ternyata tidak seperti yang telah dijanjikan oleh pihak agen atau perusahaan otobus. Justru kondisi bus yang diberikan tidak terawat, berusia tua, hingga rem mengalami blong.

Banyaknya berita mengenai maraknya kasus kecelakaan bus pariwisata selama ini, tentunya membuktikan betapa pentingnya kehati-hatian dalam memilih bus pariwisata untuk berbagai keperluan. Saat melakukan sewa bus pariwisata, perlu Anda cek terlebih dahulu kondisi yang sebenarnya.

sewa bus pariwisata

Saat ini, terdapat cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah bus pariwisata yang Anda sewa telah lulus uji KIR dari pemerintah melalui layanan e-KIR. Layanan ini sendiri berwujud aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone Anda.

Menurut Kepala Sub Bagian (Kasubag) TU UP BKP Pulogadung, Fatchuri, aplikasi e-KIR yang telah dibuat mampu mendeteksi apakah bus yang telah Anda sewa telah lolos uji kir ataukah tidak. Jika bus yang Anda sewa berhasil lolos uji kir berdasarkan aplikasi tersebut, maka dapat dipastikan jika bus yang Anda sewa telah layak jalan.

Aplikasi e-KIR sendiri dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang berfungsi untuk memudahkan warga masyarakat yang akan melakukan penyewaan bus pariwisata untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: Tipe Bangku Bus Pariwisata Ini Yang Menentukan Kenyamanan Anda!

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan plat nomor polisi bus wisata yang akan Anda sewa. Setelah itu, aplikasi akan langsung menampilkan berbagai data terbaru mengenai bus tersebut, mulai dari status hingga alamat PO busnya.

Fatchuri pun menjelaskan jika bus yang yang Anda sewa muncul dalam aplikasi e-KIR tersebut, maka dapat dipastikan jika bus tersebut telah terdaftar di Dinas Perhubungan DKI. Dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak semata-mata memilih bus pariwisata dengan harga sewa miring dan tidak tertipu dengan penampilannya.

PO Bus Sembodo merupakan salah satu PO Bus yang telah terdaftar di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) sehingga setiap tahun selalu dikontrol, terutama untuk uji KIR. Bagi kami, keselamatan Anda merupakan prioritas utama.

Jasa sewa atau rental mobil yang kami tawarkan antara lain rental mobil mewah, rental mobil pengantin, rental mobil murah, mini bus pariwisata dan semacamnya serta paket wisata.

Berita Terkait