Berita

Sewa Mengetahui Apa Perbedaan Bus Pariwisata VIP, Eksekutif, dan Ekonomi

14 August 2020

Mengetahui Apa Perbedaan Bus Pariwisata VIP, Eksekutif, dan Ekonomi

Seperti layanan transportasi yang lain, perusahaan Otobus (PO) di Indonesia juga menyediakan beberapa kelas untuk konsumennya yaitu bus pariwisata VIP, eksekutif, dan ekonomi.  Kelas-kelas tersebut nantinya akan membedakan jenis layanan atau fasilitas yang diperoleh para penumpang. Agar Anda bisa merasakan fasilitas yang Anda inginkan, sebaiknya Anda mengetahui apa saja perbedaan kelas-kelas tersebut.

 

Selain memiliki kelas yang berbeda, Anda juga perlu mengetahui bahwa bus pariwisata memiliki tipe yang berbeda berdasarkan kapasitas penumpangnya. Dengan mengetahui berapa kapasitas bus, maka Anda dapat menyewa bus sesuai dengan yang Anda butuhkan Ketika akan menyewa bus, PO biasanya akan menawarkan bus beberapa jenis bus yaitu :

1. Big bus dengan kapasitas penumpang sekitar 42-59 orang.

2. Medium bus dengan kapasitas penumpang sekitar 37-39 orang.

3. Mini bus dengan kapasitas penumpang sekitar 15 orang.

4. Mini Van Toyota Hiace dengan kapasitas penumpang sekitar 15 orang.

 

Setelah Anda mengetahui kapasitas masing-masing jenis bus, berikut kami informasikan perbedaan bus berdasarkan kelasnya. 

 

Baca juga: Sebelum Anda Rental Bus, Kenali Dulu Jenis-jenis Bus Berikut 

 

Perbedaan Bus Pariwisata VIP, Eksekutif, dan Ekonomi

1. Bus pariwisata kelas ekonomi

Kelas ekonomi merupakan kelas yang paling bawah serta memiliki sedikit fasilitas. Harga yang ditawarkan untuk sewa bus pariwisata ini juga tergolong murah. Model bus yang digunakan bus ekonomi adalah bus berukuran sedang dan besar menggunakan mesin depan atau belakang.

 

Ketika memasuki bus, Anda dapat dengan mudah membedakannya dengan bus VIP. Bus kelas ekonomi memiliki konfigurasi kursi penumpang yang terlihat penuh, yaitu 3-2.

 

Bus kelas ekonomi biasanya memiliki kapasitas penumpang sekitar 59 orang. Dengan konfigurasi kursi penumpang 3-2, maka terkadang penumpang harus duduk berdempetan dengan penumpang yang lain ketika kondisi bus sedang penuh. Hal tersebut terkadang membuat penumpang merasa tidak nyaman.

 

Bus pariwisata kelas ekonomi tersedia dalam dua tipe yaitu :

  • Bus kelas ekonomi dengan AC

Jika Anda memiliki bus ekonomi dengan AC, maka Anda akan melihat konfigurasi tempat duduk yang berbeda, yaitu 2-2. Hal ini tentu dapat membuat penumpang dapat duduk dengan lebih nyaman. Selain itu, jumlah kapasitas penumpang bus dengan AC juga berbeda dengan bus ekonomi pada umumnya, yaitu hanya sekitar 49 orang saja.

 

  • Bus kelas ekonomi tanpa AC

Bus kelas ekonomi tanpa AC biasanya diperuntukan untuk penumpang kelas menengah ke bawah. Bus ini dapat melayani penumpang untuk menempuh perjalanan antar kota dengan rute pendek yaitu perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua jam saja.

 

2. Bus Pariwisata VIP

 

Bus pariwisata VIP memiliki fasilitas yang cukup lengkap namun tidak selengkap bus eksekutif. Bus VIP biasanya akan menggunakan jenis bus SHD (Super High Deck) atau bus HDD (High Deck Double Glass). Pada umumnya, bus VIP ini akan menggunakan konfigurasi 2-2 dengan total penumpang sekitar 28 orang.

Dengan konfigurasi 2-2, penumpang dapat merasa lebih nyaman karena kabin akan terasa jauh lebih lega. Selain itu, jarak antar kursi di depan juga cukup luas sehingga terdapat banyak ruang untuk kaki penumpang.

Beberapa fasilitas yang biasanya disediakan oleh bus VIP yaitu

  • pendingin udara (AC)
  • recleaning seat , seat belt, arm rest, leg rest
  • bantal dan selimut
  • charger
  • toilet dan ruang untuk merokok
  • WiFi
  • TV/LCD & CCTV
  • DVD / MP3/ audio player / karaoke
  • dispenser & coolbox
  • parfum semprot otomatis

Dengan fasilitas tersebut, biasanya harga sewa bus VIP akan jauh lebih mahal dari kelas ekonomi. Diperkirakan, harga sewa bus VIP bisa 2 kali lebih mahal dari kelas ekonomi.

Baca Juga: Sembodo Sedia Jasa Rental Bus VIP Jakarta dengan Fasilitas Berkelas

3. Bus Pariwisata Eksekutif

Bus kelas eksekutif memberikan lebih banyak fasilitas daripada bus VIP. Meskipun demikian, biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa bus kelas eksekutif tentu juga jauh lebih tinggi daripada bus VIP. Bus ini memiliki fasilitas serta fitur yang canggih sehingga disebut sebagai bus elite untuk transportasi darat. 

Jika dilihat dari sisi eksterior, bus eksekutif memang tidak terlihat memiliki perbedaan dengan bus reguler lainnya. Namun jika Anda memasuki kabin bus dan melihat dari sisi interiornya, maka Anda akan mengetahui apa perbedaanya.

Bus eksekutif memiliki desain interior yang lebih mewah daripada bus eksekutif. Selain itu, bus eksekutif biasanya juga akan menyediakan kursi yang dapat diatur secara fleksibel serta memiliki jarak yang cukup luas dengan kursi lainnya. 

Konfigurasi kursi yang digunakan bus eksekutif dapat memberikan kenyamanan antar penumpang yaitu 2-1. Kursi bus eksekutif juga dilengkapi dengan sandaran tangan, bantal, serta selimut. 

Selain itu, terdapat juga foot rest atau pijakan kaki khusus sehingga para penumpang tidak akan merasakan pegal ketika menempuh perjalanan panjang selama berjam-jam. 

Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh penumpang bus eksekutif seperti TV LED, WiFi toilet, makanan ringan, makanan prasmanan,  full AC, toilet, recleaning seat, TV/DVD, GPS, dan smoking area. Di setiap kursi penumpang juga telah disediakan layar LCD sebagai fasilitas hiburan. Dengan fasilitas-fasilitas tersebut tentu Anda akan merasa nyaman.

 

 

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait