Berita

Sewa Paket Wisata Danau Toba Banyak Dicari! Berikut 5 Daya Tarik Di Dalamnya !

08 January 2021

Paket Wisata Danau Toba Banyak Dicari! Berikut 5 Daya Tarik Di Dalamnya !

 
Paket wisata Danau Toba saat ini banyak dicari oleh para wisatawan karena berbagai daya tarik yang dimilikinya. Danau Toba merupakan danau alami yang berukuran sangat luas di Indonesia. Lokasinya terletak di Provinsi Sumatera Utara dan masuk ke dalam wilayah beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Samosir, Simalungun, Toba Samosir, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan juga Dairi.
 
Danau ini memang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa bagi para pengunjungnya. Tidak heran jika Danau Toba menjadi salah satu obyek wisata yang digarap secara serius oleh pemerintah untuk dijadikan destinasi wisata unggulan di Indonesia. Lalu apa saja ya kira-kira daya tarik Danau Toba ini ? Berikut kami sediakan informasinya untuk Anda!
 

5 Daya Tarik Danau Toba

1. Danau vulkanik terbesar yang ada di dunia

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang terbentuk karena letusan Gunung Toba ribuan tahun yang lalu. Gunung Toba merupakan gunung berapi yang memiliki daya ledak tinggi. Setelah meletus, gunung tersebut membentuk kaldera yang kemudian terisi air dan akhirnya membentuk Danau Toba
 
Danau ini memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman sekitar 450 meter. Sebagian besar orang bahkan beranggapan bahwa Danau Toba ini terlihat seperti lautan karena wilayah perairannya yang sangat luas. 
 
Aktivitas vulkanik yang membentuk Danau Toba ini memang sangat besar dampaknya. Berdasarkan jurnal penelitian Michael Rampino dan Stephen Self (1993)  diketahui bahwa magma yang dimuntahkan letusan Gunung Toba ini jumlahnya mencapai 2800 kilometer kubik. Selain itu, letusan gunung tersebut juga mengakibatkan material abu tersebar ke seluruh atmosfer bumi sehingga menutup cahaya matahari untuk bisa masuk ke bumi.
 

2. Pulau Samosir

Hal unik lain yang menjadi daya tarik Danau Toba adalah keberadaan Pulau Samosir. Pulau yang berukuran hampir sama luasnya dengan Negara Singapura ini terletak di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir ini terbentuk akibat pergeseran lapisan bumi yang membuat dasar danau menjadi naik dan membentuk sebuah daratan. 
 
Perlu Anda ketahi, bahwa di dalam pulau Samosir ini juga terdapat danau lain yang berukuran lebih kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.
 
 

3. Keindahan alam yang mengagumkan

Salah satu hal yang disuguhkan dari paket wisata Danau Toba untuk para wisatawan adalah keindahan alam. Danau Toba memiliki pemandangan alam yang mengagumkan. Ketika Anda berkunjung ke danau ini, Anda dapat menikmati udara yang segar dengan pemandangan gunung yang hijau serta hamparan air yang sangat luas. Saat cuaca cerah, Anda juga dapat melihat lekukan Danau Toba dengan jelas.
 
Salah satu lokasi favorit untuk menikmati keindahan Danau Toba adalah dari Menara Pandang Tele Samosir. Menara ini terletak di lereng bukit dan menjadi bangunan tertinggi di Samosir sehingga wisatawan dapat melihat keindahan Danau Toba dari sudut yang berbeda. 
 

4. Budaya Suku Batak

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Danau Toba juga memiliki budaya yang menarik minat para wisatawan baik itu wisatawan asing maupun domestik yaitu kebudayaan Suku Batak. Ketika mengunjungi Danau Toba, Anda dapat melihat beberapa beberapa ritual menarik yang banyak diminati oleh para wisatawan, salah satunya seperti Mangalahat Horbo yaitu tradisi tua perayaan kurban kerbau.
 
Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Desa Wisata Tomok. Di desa tradisional ini, memiliki 3 objek wisata yang menarik yaitu :
 
  • Patung atau Boneka Sigale-gale:
Ketika berkunjung di desa wisata ini, Anda akan disambut dengan tarian Tor-tor dan tarian Sigale-gale dari penduduk setempat. Sigale-gale merupakan boneka sebesar ukuran tubuh manusia yang dapat bergerak-bergerak dan menari sendiri.  
 
  • Pemakaman Raja-raja kuno Batak:
Di lokasi ini, Anda dapat melihat beberapa peti batu. Di dalam peti tersebut, raja-raja keturunan Sidabutar dimakamkan.
 
  • Museum Batak:
Museum yang Anda kunjungi berbentuk seperti rumah adat Batak. Di dalamnya terdapat beberapa peninggalan seperti senjata, pakaian adat, serta beberapa alat rumah tangga yang digunakan oleh orang-orang dari Batak kuno.
 
Di desa tradisional ini juga banyak warga yang menjual souvenir ataupun oleh-oleh sehingga sering menjadi destinasi wisata belanja bagi para wisatawan.
 
 
Danau Toba memang memiliki beragam daya tarik. Tidak hanya alamnya yang sangat indah, namun budayanya juga menarik untuk dipelajari.
 
Jika saat ini Anda sedang mencari Paket Wisata Danau Toba, Anda dapat menggunakan jasa dari SEMBODO. Saat ini, SEMBODO tidak hanya menyediakan jasa sewa bus pariwisata namun juga menyediakan beragam paket wisata di berbagai daerah mulai dari daerah Sumatra, Nusa Tenggara Barat, Jawa, ataupun Bali. Selain itu, Kami juga menyediakan paket wisata religi dan study tour untuk Anda.
 
Fasilitas yang kami sediakan juga sudah sangat lengkap mulai dari transportasi, akomodasi hotel, dokumentasi, makan sesuai program, tour guide, asuransi perjalanan Jasa Raharja, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Paket Wisata Danau Toba dari SEMBODO, silakan hubungi kami. Tim SEMBODO akan dengan senang hati membantu Anda.  
 
 
 

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait