Berita

Sewa Paket Wisata Candi Borobudur : 5 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Candi Borobudur

27 November 2020

Paket Wisata Candi Borobudur : 5 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Candi Borobudur

Para wisatawan dapat mencoba paket wisata Candi Borobudur untuk melihat keindahan candi terbesar di dunia. Lokasinya terletak di Magelang Jawa Tengah. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam menggunakan bus pariwisata untuk bisa sampai ke destinasi wisata tersebut.
 
Candi Borobudur ini dibangun sekitar 800-an Masehi ketika masa wangsa Syailendra memerintah. Selain menjadi kuil atau candi terbesar, Borobudur juga menjadi salah satu monumen terbesar di dunia. Pada tahun 1991, UNESCO sudah menetapkan bahwa candi ini menjadi salah satu situs warisan dunia yang harus dijaga.
 
Bangunan candi ini berbentuk tapak persegi dengan luas 123 x 123 meter persegi. Di lokasi wisata ini, Anda akan melihat 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, serta 1 stupa induk. Anda juga akan melihat 2672 panel relief yang menghiasi dinding-dindingnya.
 
Perlu Anda ketahui bangunan semegah Candi Borobudur dibangun tanpa menggunakan semen. Strukturnya terlihat seperti lego besar yang saling terkait sehingga tidak membutuhkan perekat apapun.
 
Untuk para pecinta budaya, mengikuti paket wisata Candi Borobudur bisa menjadi perjalanan wisata yang sangat menarik. Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Borobudur ini? Berikut informasinya untuk Anda.
 
 

Aktivitas Menarik di Paket Wisata Candi Borobudur

 

1. Hunting foto

Berada di Candi Borobudur akan menjadi pengalaman yang menarik. Anda dapat mengamati panel relief yang berada pada dinding candi. Selain itu, sembari melihat dan menikmati kemegahan bangunan, Anda dapat mencari spot-spot unik di kawasan candi Borobudur untuk berfoto.
 
Namun perlu Anda perhatikan, ketika mengambil foto jangan duduk atau memanjat stupa. Anda harus mengingat bahwa stupa tersebut sudah berusia ratusan tahun dan harus dijaga.
 

2. Menikmati sunrise

Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung adalah karena ingin menikmati keindahan sunrise di Borobudur. Dari puncak candi, Anda akan melihat fenomena mata hari terbit yang sangat cantik. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang di pagi buta agar tidak tertinggal momen sunrise ini.
 
Untuk melihatnya, biasanya para wisatawan memang akan datang di luar jam operasional Borobudur yaitu jam 08.00-16.00 WIB. Oleh karena itu, pengujung harus membeli tiket khusus terlebih dahulu di Hotel Manohara. Hotel ini masih terletak di sekitar komplek Candi Borobudur. Dengan tiket tersebut, para wisatawan akan memperoleh akses langsung ke Candi Borobudur. 
 
 

3. Bersepeda di sekitar kawasan Candi Borobudur

Apakah Anda gemar bersepeda ? Jika ya, maka paket wisata Candi Borobudur menyediakan fasilitas tersebut untuk Anda. Di sini, Anda dapat menyewa sepeda dan berkeliling di sekitar area Borobudur. Tarif sewa yang ditetapkan berbeda-beda tergantung dari durasi atau lamanya Anda menyewa sepeda.   
 
Rute atau lokasi yang akan ditempuh dapat diatur atau disesuaikan dengan keinginan peserta. Salah satu lokasi yang banyak dikunjungi para wisatawan dengan cara bersepeda adalah Desa Wanurejo. Desa ini menawarkan berbagai potensi wisata yang menarik, sembari bersepeda Anda dapat melihat artefak candi, menikmati pemandangan alam, mencari produk-produk kesenian, dan masih banyak lagi.
 
 

4. Safari Gajah Borobudur

Di Borobudur Anda juga bisa safari gajah yaitu menaiki gajah dan berkeliling di kawasan candi. Safari Gajah biasanya akan menyediakan berbagai pilihan rute seperti melawati sungai, sawah, atau menikmati pemandangan pedesaan yang cantik. Namun jika Anda tidak berani menaiki gajah, Anda bisa berfoto atau memberi makan para gajah.
 
 

5. Melihat moment sakral saat Waisak

Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur rutin melakukan upacara sakral ketika Waisak. Biasanya, momen ini bisa Anda lihat sekitar bulan Mei setiap tahunnya.
 
Pada momen perayaan Waisak ini, Borobudur akan melakukan kegiatan pelepasan lampion Kegiatan ini akan diikuti oleh ratusan orang dan dilaksanakan di pelataran Borobudur.
 
Pada acara puncak, para jamaah yang mengikuti prosesi upacara Waisak akan menerbangkan ribuan lampion secara bersamaan. Hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan karena mereka dapat melihat ribuan lampion yang terbang sehingga langit akan terlihat sangat cantik. 
 
Perlu Anda ketahui, saat datang melihat upacara ini,  Anda harus menggunakan pakaian yang sopan. Selain itu, Anda juga harus menjaga tingkah laku. Jangan sampai tingkah laku Anda mengganggu para jamaah yang sedang melaksanakan ibadah.
 
 
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Berwisata di Borobudur
  1. Tidak menggunakan celana atau rok pendek
  2. Duduk atau memanjat ke atas stupa
  3. Corat-coret
  4. Tidak merokok di kawasan candi
 
Jika Anda saat ini berlibur di Borobudur, Anda dapat menggunakan paket wisata Candi Borobudur dari Sembodo. Selain memberikan jasa sewa bus pariwisata, Sembodo juga menawarkan paket wisata dengan berbagai destinasi wisata. 
 
Paket wisata Candi Borobudur dari Sembodo menyediakan fasilitas yang lengkap untuk Anda, mulai dari hotel bintang 3, P3K, asuransi jasa raharja, pemandu perjalanan, tiket wisata, dan masih banyak lagi. Selain mengunjungi Candi Borobudur, Anda juga akan kami ajak berwisata ke lokasi lain seperti Malioboro, Pantai Parangtritis, dan Museum Gunung Merapi.
 
Tertarik dengan paket wisata Candi Borobudur dari Sembodo ? Silakan hubungi kami untuk mendapatkan detail informasinya. 
 

Jasa sewa atau rental mobil yang kami tawarkan antara lain rental mobil mewah, rental mobil pengantin, rental mobil murah, mini bus pariwisata dan semacamnya serta paket wisata.

Berita Terkait