Berita

Sewa Masih Bingung Mau Rental Hiace atau Elf ? Yuk Cari Tahu Perbedaannya

28 August 2020

Masih Bingung Mau Rental Hiace atau Elf ? Yuk Cari Tahu Perbedaannya

Saat ini sudah banyak Perusahaan Otobus yang memberikan jasa rental Hiace dan Elf. Selain dengan sewa bus, kedua kendaraan tersebut juga sering digunakan oleh penumpang untuk perjalanan tour atau travel antar kota.
 
Hiace dan Elf memang memiliki kapasitas yang sama-sama luas. Kedua kendaraan tersebut juga masih berada di bawah satu group yang sama yaitu PT Astra International Tbk.
 
Isuzu yang memproduksi Elf dikenal sering memproduksi kendaraan komersial dan truk berat, sedangkan Toyota yang memproduksi Hiace kebanyakan memproduksi kendaraan pribadi. Namun setelah hadirnya Hiace, unit kendaraan miliki Toyota tersebut juga mulai digunakan secara komersial yaitu sebagai kendaraan travel.
 
Melihat Hiace dan Elf sama-sama sering digunakan sebagai mobil travel, tidak jarang penumpang sulit memutuskan apakah mereka harus rental Hiace atau ELf untuk perjalanan mereka. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda ada baiknya jika Anda mengetahui perbedaan spesifikasi kedua kendaraan tersebut. Berikut informasinya untuk Anda.

Rental Hiace atau Elf ?

Toyota Hiace

Dari segi body, Hiace memiliki ukuran yang besar dan gagah. Kendaraan ini sudah mengalami perubahan desain dari versi pertamanya dan memiliki desain terbaru yang diberi nama Hiace Premio. Oleh karena itu, desain ekterior mobil ini dapat menampilkan kesan yang mewah dan jauh dari kesan mobil niaga atau mobil komersial.
 
Selain memiliki eksterior yang modern, Hiace juga mempunyai desain interior yang rapi serta suara dan getaran mesin yang senyap. Oleh karena itu, jika Anda rental Hiace, Anda dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan.
 
 
Hiace juga memiliki suspensi Double Wishbone dengan Stabilizer dan Leaf Spring Rigid Axle sehingga nyaman dan empuk ketika digunakan. Di dalam mobil ini tersedia berbagai fitur canggih untuk keselamatan penumpang seperti SRS Airbag pada bagian pengemudi dan penumpang, child safety locks, sabuk pengaman, sensor parkir, pelindung benturan depan maupun samping, dan masih banyak lagi. 
 
Toyota Hiace memang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan. Namun, jika Anda ingin menggunakan jasa rental Hiace untuk rombongan yang jumlahnya mencapai 15 penumpang, sepertinya kendaraan ini kurang sesuai karena kapasitas jumlah penumpang adalah sekitar 12 orang saja.
 

Isuzu Elf

Isuzu Elf memang identik sebagai mobil pariwisata. Tidak heran jika banyak orang menggunakan jasa sewa Elf untuk memenuhi kebutuhan wisata mereka.
 
Dari segi desain eksterior, mobil ini juga terlihat mirip dengan truk atau bus. Desainnya memang terlihat monoton karena dibuat oleh karoseri dan mengikuti aturan dari IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia). Desain kabin pada mobil Elf biasanya juga akan berbeda-beda tergantung dari karoseri yang dipilih oleh perusahaan angkutan pariwisata. 
 
Jadi, ketika Anda ingin sewa Elf maka Anda dapat memilih desain kabin yang sesuai dengan selera Anda.
 
 
Jika dibandingkan dengan Hiace, Elf memiliki suspensi yang terasa lebih keras. Elf menggunakan suspensi per daun (leaf spring) sehingga ketika melewati jalan yang tidak mulus akan terasa tidak empuk dan nyaman.
 
Pada Toyota Hiace, AC yang digunakan sudah memiliki standar pabrikan sehingga jarang ditemukan AC yang bermasalah. Berbeda dengan mobil Elf yang belum memiliki standar pabrikan. 
 
Jika tidak dirawat dengan baik, maka sering terjadi kebocoran atau AC yang tidak dingin. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan sewa Elf, ada baiknya jika Anda mengecek dan memastikan bahwa semua fasilitas yang disediakan dapat berfungsi dengan baik.
 
Dari sisi keamanan, Toyota Hiace menyediakan airbag untuk pengemudi dan penumpang. Sedangkan Elf belum menyediakan fitur keamanan ini pada unitnya.
 
Jika Anda ingin bepergian dengan rombongan yang cukup besar, Elf dapat Anda sewa. Mobil Elf menawarkan kapasitas yang jauh lebih luas daripada Toyota Hiace. Kendaraan ini memiliki dua tipe yaitu Elf long dan Elf Short. 
 
Untuk Elf Short, kapasitas yang disediakan adalah 15 orang penumpang dengan 1 driver. Sedangkan Elf Long memiliki kapasitas untuk 19 orang penumpang dengan 1 driver.
 
Elf Long memiliki konfigurasi kursi penumpang belakang yaitu 3-4-4-4-4. Jika dibandingkan dengan Elf Short, body Elf Long tentu jauh lebih panjang yaitu sekitar 1 meter atau 1 baris kursi penumpang.
 
 
Jadi, jika Anda ingin bepergian dengan rombongan yang cukup banyak yaitu mencapai 19 orang, Anda dapat memilih untuk rental Elf daripada Hiace. Namun jika Anda lebih mengutamakan kenyamanan perjalanan serta bepergian dengan rombongan yang tidak terlalu besar, rental Hiace bisa menjadi solusi yang tepat untuk perjalanan Anda.
 
Demi kenyamanan dan keamanan Anda sebaiknya Anda menyewa Hiace atau Elf dari perusahaan penyedia jasa sewa yang terpercaya. Salah satu perusahaan otobus profesional yang dapat diandalkan di Indonesia adalah Sembodo. Perusahaan ini menawarkan jasa sewa Hiace dan Elf dengan armada yang selalu dirawat.
 
Sembodo selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan melakukan perawatan berkala untuk memastikan seluruh armadanya dalam kondisi yang prima ketika Anda sewa. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir ketika menyewa ELf atau pun Hiace. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, Anda dapat mengunjungi website Sembodo.

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait