Berita

Sewa  Tips Sewa Bus Pariwisata yang Aman dan Nyaman

27 October 2020

Tips Sewa Bus Pariwisata yang Aman dan Nyaman

Jika saat ini Anda sedang mencari jasa sewa bus pariwisata, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar menemukan perusahaan rental yang tepat. Bus pariwisata memang dapat diandalkan sebagai transportasi untuk perjalanan jauh bersama rombongan. Sayangnya, jika Anda tidak cermat dan teliti ketika memilih jasa sewa, Anda atau pun penumpang bisa merasa kurang puas dengan layanan yang diberikan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut kami sediakan beberapa tips sewa bus pariwisata untuk perjalanan yang aman dan nyaman. 
 

5 Tips Sewa Bus Pariwisata

1. Tentukan jenis bus yang dibutuhkan

Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat berbagai jenis bus. Berdasarkan kelasnya bus, dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
  • Bus kelas ekonomi
Bus ini merupakan kelas paling bawah dan memiliki sedikit fasilitas.
  • Bus VIP
Bus pariwisata VIP berada di atas kelas ekonomi. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap namun belum selengkap kelas eksekutif.
  • Bus pariwisata eksekutif
Bus eksekutif memiliki fasilitas yang sangat lengkap sehingga harga sewa yang ditentukan juga lebih tinggi daripada kelas yang lain.
 
Selain memiliki kelas yang berbeda, bus juga tersedia dalam beberapa ukuran atau kapasitas, yaitu :
  • Big Bus
Big bus merupakan bus dengan kapasitas paling besar yaitu dapat menampung sekitar 50 sampai 50 penumpang.
  • Medium Bus
Medium bus atau bus 3/4 memiliki kapasitas 37-39 penumpang.
  • Mini Bus
Mini bus yang sering digunakan adalah kendaraan Elf dengan kapasitas 13-15 penumpang untuk Elf Short, dan 16-19 penumpang untuk Elf Long. 
 
Melihat beberapa jenis bus di atas, maka Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis bus yang akan Anda gunakan. Hitung jumlah penumpang untuk menentukan kapasitas bus yang dibutuhkan, serta pertimbangkan kembali fasilitas apa saja yang diinginkan oleh penumpang.
 
 

2. Cek fasilitas apa yang Anda dapat

Penyedia jasa sewa bus biasanya memiliki fasilitas atau layanan yang diberikan ketika Anda menggunakan layanan. Beberapa diantaranya seperti AC, TV/LCD, CCTV, WiFi, toilet, dispenser, bantal dan selimut, charger,  driver, bahan bakar, fasilitas keamanan, dan lain-lain. Pastikan fasilitas tersebut memenuhi keinginan penumpang serta mampu membuat penumpang nyaman dan aman selama perjalanan.
 
Selain itu, cari tahu juga syarat dan ketentuan ketika sewa bus pariwisata. Hal ini juga perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika Anda menggunakan jasa mereka. 
 

3. Pilih agen bus profesional

Untuk perjalanan yang aman dan nyaman tentu Anda harus mencari agen bus terpercaya dan profesional. Pastikan agen yang akan Anda gunakan memiliki reputasi yang baik, legalitas yang jelas, fasilitas yang baik, driver berpengalaman, serta layanan customer service yang informatif.
 
Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa bus atau armada yang tersedia dalam kondisi yang terawat serta memiliki mesin yang prima. Anda tentu tidak ingin mengalami masalah di perjalanan, jadi sebaiknya Anda juga menanyakan apakah semua armada mendapat perawatan secara berkala. 
 

4. Persiapkan dana untuk sewa bus pariwisata

Masing-masing perusahaan penyedia jasa sewa bus memiliki masing-masing keunggulan. Mereka juga menyediakan fasilitas yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda sudah menyediakan dana yang sesuai untuk kebutuhan sewa kendaraan. Selain itu, dana juga dibutuhkan pada awal reservasi karena agen bus biasanya akan meminta pembayaran DP untuk mengikat perjanjian sewa bus yang diinginkan. 
 

5. Perhatikan waktu reservasi atau pemesanan bus

Jika rencana perjalanan wisata sudah ditetapkan, sebaiknya segera lakukan reservasi atau pemesanan bus. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari habisnya ketersediaan armada bus yang ingin Anda sewa.
 
Biasanya, saat libur panjang atau weekend, perusahaan penyedia jasa sewa bus akan mendapat banyak pesanan dari pelanggannya. Oleh karena itu, agar Anda dan rombongan bisa mendapatkan bus yang diinginkan, sebaiknya lakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.
 
Anda dapat melakukan pemesanan melalui telepon, website, atau datang langsung ke perusahaan tersebut. Biasanya untuk booking jasa sewa bus, perusahaan akan meminta Anda untuk melakukan pembayaran DP (Down Payment) sebesar 50 % dari harga yang sudah ditetapkan. Jadi, Anda juga harus sudah menyediakan dana ketika melakukan reservasi bus.
 
 
Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa sewa bus pariwisata adalah Sembodo. Sembodo memiliki banyak armada bus yang bisa Anda sewa mulai dari bus besar, medium, atau minibus. Sembodo juga menyediakan jasa sewa mobil mewah yang bisa Anda gunakan sebagai mobil pengantin atau keperluan yang lain.
 
Di masa pandemi seperti saat ini, Sembodo memperhatikan keamanan dan kenyamanan pelanggannya. Kami menerapkan protokol kesehatan dalam memenuhi kebutuhan transportasi pelanggannya. Kami juga secara rutin merawat kebersihan armada, melakukan pengecekan suhu badan pada seluruh penumpang dan tim, serta menyediakan hand sanitizer. Penyemprotan disinfektan juga kami lakukan secara rutin untuk mencegah penyebaran virus.
 
Jika Anda membutuhkan jasa sewa bus profesional, Anda dapat menggunakan layanan dari Sembodo. Silakan hubungi kami atau kunjungi web kami di www.sembodorentcar.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan dan fasilitas yang kami sediakan. Kami akan selalu siap untuk membantu Anda.
 

Sembodo RENTCAR adalah Perusahaan jasa rental mobil terpercaya yang berlokasi di Jakarta. Saat ini kami juga menyewakan Bus untuk Pariwisata di daerah Jakarta dan Pulau Jawa.

Berita Terkait