Berita

Sewa Paket Wisata Yogya: Serunya Petualangan Lava Tour Merapi Yogyakarta!

25 February 2022

Paket Wisata Yogya: Serunya Petualangan Lava Tour Merapi Yogyakarta!

Beragam paket wisata Yogyakarta menawarkan banyak pilihan destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda mencari destinasi wisata yang memacu adrenalin, paket wisata Lava Tour Merapi bisa menjadi pilihan yang tepat! Simak penjelasan kami berikut.
 
Merapi adalah salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia tepatnya di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2010, Merapi mengalami erupsi yang cukup besar sehingga meluluhlantakan beberapa pemukiman di sekitarnya. Kerusakan juga terjadi di beberapa daerah seperti di Desa Kepuharjo, Desa Glagaharjo, dan lain-lain. 
 
Pasca erupsi tersebut, banyak orang datang berkunjung untuk melihat dampak erupsi Gunung Merapi. Kunjungan tersebut tidak hanya berasal warga lokal, namun juga dari turis-turis asing. Hal inilah yang membuat masyarakat di wilayah lereng memiliki inisiatif untuk menyediakan wisata Lava Tour Merapi sehingga masyarakat bisa melihat dampak erupsi yang ditimbulkan oleh Gunung Merapi dengan mudah.
 

Apa Itu Lava Tour Merapi?

Lava Tour Merapi adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan aktivitas seru di kaki Gunung Merapi. Dengan mengikuti Lava Tour Merapi, Anda akan diajak berkeliling menyusuri bekas aliran lahar pasca Gunung Merapi menggunakan mobil offroad atau mobil Jeep.
 
Pengelola tempat wisata ini biasanya akan menawarkan tige rute yang bisa Anda pilih. Rute pertama memiliki durasi sekitar 1,5 jam, rute kedua memiliki durasi sekitar 2,5 jam, kemudian rute yang ketiga memiliki durasi perjalanan yang lebih jauh sehingga membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Sepanjang rute, Anda dan rombongan dapat melihat pemandangan yang beragam, mulai dari keindahan Gunung Merapi, hamparan pasir yang luas dengan batu-batuan yang besar, hingga perkampungan yang sudah rata dengan tanah akibat erupsi.
 
Anda juga akan diajak melewati sungai menggunakan Jeep sehingga dapat memacu adrenalin seluruh penumpang. Selain itu, di Lava Tour Merapi ini Anda juga akan diajak untuk mengunjungi destinasi wisata pasca erupsi yang lain seperti:
 

1. Museum Sisa Hartaku

Museum milik warga yang berisi harta yang tersisa akibat erupsi Gunung Merapi. Anda bisa melihat beragam benda di sana seperti ember, gelas, kendaraan, dan peralatan rumah tangga yang nyaris meleleh karena panas yang ditimbulkan saat erupsi.
 

2. Batu Alien

Di sini Anda dapat melihat bongkahan batu vulkanik sisa erupsi Gunung Merapi dengan ukuran besar yang sangat besar dan terlihat seperti memiliki tekstur wajah.
 

3. Bunker Kaliadem.

Dulunya, bunker ini dibangun sebagai salah satu tempat yang bisa digunakan untuk berlindung dari awan panas Gunung Merapi. Namun saat ini, Bunker Kaliadem  menjadi destinasi wisata di wilayah Gunung Merapi.
 
 

Tips Saat Lava Tour di Merapi

Jika Anda memiliki rencana untuk mengikuti Lava Tour di Merapi, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu:
 
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Anda juga bisa bersiap-siap membawa baju ganti jika baju yang ANda gunakan basah atau kotor saat menyusuri sungai.
  • Jangan lupa untuk menggunakan masker. Jalur bekas aliran lahar bisa sangat gersang sehingga saat Jeep melaju dengan kecepatan tinggi maka akan ada debu yang berterbangan.
  • Pastikan Anda mengikuti lava tour pada saat cuaca cerah. Dengan demikian, Anda bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa mempersiapkan jas hujan jika hujan turun dengan tiba-tiba.
  • Pastikan kondisi badan benar-benar fit. Perjalanan lava tour ini akan melewati beragam  medan perjalanan. Jadi, pastikan Anda benar-benar sehat agar bisa menikmati tour dengan aman dan nyaman.
 

Info Paket Wisata Yogya yang Mengunjungi Lava Tour Merapi

SEMBODO menawarkan paket wisata Yogya di Merapi dengan harga yang terjangkau. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu sekitar 1 jutaan. Anda bisa melihat detail info paket wisata ini dengan klik link berikut Paket Wisata Yogya Merapi dari SEMBODO.
 
Di layanan paket wisata ini, kami akan memberikan fasilitas yang lengkap untuk Anda. Beberapa diantaranya seperti:
  • bus pariwisata
  • akomodasi hotel
  • welcome snack
  • makan besar sesuai jadwal
  • air mineral selama perjalanan
  • P3K umum
  • dokumentasi
  • pemandu wisata
  • biaya tol, parkir, dan juga retribusi
  • asuransi perjalanan dari Jasa Raharja
  • dan masih banyak lagi
 
Selain mengunjungi Merapi, paket wisata Yogyakarta dari SEMBODO juga akan mengajak Anda berkeliling ke berbagai destinasi wisata populer lain seperti Candi Prambanan, Malioboro, atau Pantai Parangtritis. Dengan biaya yang terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap serta merasakan pengalaman liburan yang menyenangkan di Yogyakarta.
 
Selain menyediakan paket wisata, SEMBODO juga memiliki layanan paket study tour dan paket wisata religi. Kami juga menyediakan layanan sewa Elf, sewa bus pariwisata, dan menerima pemesanan tiket bus AKAP secara online. Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami sediakan, silakan hubungi tim SEMBODO. Kami akan dengan senang hati membantu Anda. 
 
 

Sembodo RENTCAR melayani rental mobil untuk perseorangan maupun perusahaan. Mobil-mobil seperti Alphard, Innova serta Mini Bus Hiace untuk Pariwisata juga tersedia.

Berita Terkait