Berita

Sewa Tips Merencanakan Perjalanan Bisnis dengan Rental Bus Pariwisata

19 February 2021

Tips Merencanakan Perjalanan Bisnis dengan Rental Bus Pariwisata

 
Mengorganisir perjalanan bisnis menggunakan jasa rental bus pariwisata membutuhkan perencanaan yang matang. Anda harus mengatur jadwal, memilih penyedia layanan bus pariwisata, serta menyediakan kebutuhan makanan dan hiburan selama perjalanan. Hal tersebut perlu Anda pikirkan untuk memastikan bahwa setiap orang dapat merasakan perjalanan wisata yang menyenangkan. 
 
Agar lebih mudah dalam mengatur perjalanan bisnis Anda, berikut kami sediakan beberapa tips yang dapat membantu.
 

1. Tentukan pemimpin perjalanan wisata 

Perjalanan yang diikuti oleh rombongan besar harus memiliki leader yang dapat bertanggung jawab agar perjalanan wisata dapat berlangsung dengan lancar. Orang tersebut akan memimpin perencanaan wisata dengan baik seperti memikirkan makanan peserta, transportasi yang digunakan, tujuan wisata, dan lain-lain. 
 
Pada umumnya perjalanan bisnis akan diikuti oleh banyak peserta. Oleh karena itulah, Anda harus menetapkan pemimpin perjalanan yang profesional serta memiliki kemampuan untuk mengatur rombongan peserta dalam jumlah besar.
 
Meskipun demikian, Anda tidak boleh hanya memasrahkan tugas perencanaan wisata hanya kepada satu orang saja. Pemimpin perjalanan dapat mendelegasikan tugas kepada beberapa orang yang dia percaya. 
 

2. Tetapkan anggaran perjalanan

Anda dan rombongan peserta harus menetapkan berapa anggaran dana yang diperlukan untuk perjalanan bisnis. Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan perjalanan, aktivitas pariwisata, serta jenis akomodasi yang akan gunakan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi pengeluaran yang tidak terduga yang mengharuskan peserta membayarkan sejumlah dana tambahan.
 

3 .Rental bus pariwisata jauh-jauh hari

Jika Anda dan rombongan sudah menentukan tanggal keberangkatan, Anda dapat segera menghubungi penyedia jasa sewa bus pariwisata. Informasikan kapan Anda ingin menggunakan bus, berapa lama Anda akan menyewanya, serta berapa kapasitas yang dibutuhkan agar penyedia layanan dapat memberikan rekomendasi dari bus yang tersedia.
 
Sebaiknya, Anda melakukan booking atau pemesanan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan bus yang Anda inginkan. Selain itu, pemesanan yang dilakukan sejak awal juga akan menghindarkan Anda dari tarif sewa yang lebih mahal.
 
Pada umumnya, sebagian besar penyedia layanan rental bus pariwisata akan menawarkan pembayaran DP maksimal 3 hari setelah Anda lakukan pemesanan. Oleh karena itu, sediakan dana untuk pembayaran DP di awal. Anda dapat menanyakan berapa jumlah DP yang harus dibayarkan agar Anda dan rombongan dapat menyediakan dana tersebut terlebih dahulu. 
 
 

4. Jaga perjalanan wisata Anda tetap menyenangkan

Agar semua peserta dapat menikmati perjalanan wisata selama di bus, mungkin Anda harus menyiapkan beberapa peraturan yang bisa ditaati oleh seluruh peserta. Sebagai contoh, peserta harus bertanggung jawab dengan barang pribadi masing-masing, menjaga kebersihan tempat duduk mereka di bus, tidak membawa makanan dengan bau menyengat, tidak datang terlambat, dan lain-lain.
 
Untuk menghibur peserta selama di bus, Anda juga bisa menyediakan hiburan. Tempat penyewaan bus pada umumnya sudah menyediakan fasilitas hiburan di dalam bus seperti TV, MP3, audio player, dan lain-lain. Untuk menghilangkan rasa bosan di dalam bus, Anda dapat membuat acara hiburan sederhana yang bisa diikuti oleh semua peserta, salah satunya seperti berkaraoke bersama-sama. 
 
Perlu Anda ingat, orang-orang yang ada di dalam bus tidak hanya peserta perjalanan bisnis saja. Ada driver yang bekerja untuk mengantarkan rombongan ke destinasi wisata.
 
Oleh karena itu, agar perjalanan berjalan menyenangkan untuk semua orang, Anda juga harus memperlakukan driver dengan baik. Hindari perkataan atau perbuatan yang dapat merusak mood driver. Jangan lupa ucapkan terimakasih dan informasikan kepada mereka bahwa Anda menikmati perjalanan. Driver yang profesional tentu akan sangat menghargai tindakan tersebut.
 
 

5. Pilih jasa rental bus pariwisata yang profesional

Layanan penyewaan bus yang Anda pilih akan berdampak signifikan pada pengalaman perjalanan yang Anda rasakan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan penyedia jasa rental bus yang profesional.
 
Ketika memilih layanan persewaan bus, terdapat beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan, seperti: 
  • jasa penyewaan mempunyai legalitas yang jelas
  • memiliki layanan customer service yang cepat, tanggap dan informatif
  • memiliki reputasi yang baik
  • menyediakan fasilitas yang lengkap
  • staf yang ramah dan profesional
  • memiliki drive yang berpengalaman dan menguasai medan perjalanan
 
Jika Anda ingin rental bus pariwisata yang profesional, memiliki reputasi yang baik, serta menyediakan fasilitas yang lengkap, Anda dapat menggunakan jasa dari SEMBODO. Kami menyediakan berbagai jenis bus untuk Anda, mulai dari bus VIP, bus medium, bus sedang, sampai ELF dan VIP Hiace. Seluruh armada bus yang kami juga selalu terjaga performanya karena kami rutin melakukan perawatan. 
 
Selain menyediakan jasa rental bus, kami juga menyediakan beragam paket wisata untuk Anda. Kami dapat mengantar perjalanan bisnis Anda ke berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia. Kami juga akan membantu merencanakannya sehingga perjalanan bisnis Anda dapat berjalan dengan menyenangkan. 
 
Tertarik dengan layanan SEMBODO? Silakan hubungi tim SEMBODO untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Kami akan selalu siap untuk membantu. 
 
 

Jasa sewa atau rental mobil yang kami tawarkan antara lain rental mobil mewah, rental mobil pengantin, rental mobil murah, mini bus pariwisata dan semacamnya serta paket wisata.

Berita Terkait